SMAN 1 Dan SMAN 3 Ajarkan Siswanya Untuk Berkurban

_dsc0099

Palembang – Ratusan siswa di beberapa sekolah menengah atas (SMA) kota Palembang, saksikan penyembelihan serta pembagian daging hewan kurban kepada warga sekolah dan masyarakat yang kurang mampu disekitar lingkungan sekolahnya.

Beberapa sekolah menengah atas (SMA) di kota Palembang, ajarkan siswanya untuk berkurban. Hal ini ditujukan agar siswanya mempunyai rasa keikhlasan yang tinggi serta rasa peduli dan berbagi kepada sesame yang kurang beruntung.

Kepala SMAN 1 Palembang, Nasrul Bani menuturkan, kegiatan kurban ini adalah agenda tiap tahun dan sudah sejak lama dilakukan oleh SMAN 1, meski ada suatu waktu tidak dilaksanakan terkendala sesuatu dan lain hal. Tahun ini ada 4 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang dikurbankan hasil dari sumbangan guru, pegawai tata usaha (TU) dan beberapa siswa.

“Untuk siswa bentuknya kami beri himbauan untuk siswa yang ingin berkurban jika di lingkungannya mereka belum berkurban. Ini kami agendakan tiap tahunnya, dan juga sudah 2 tahun terakhir ini kami melangsungkan shalat ied idul adha di lingkungan sekolah bersama siswa dan keluarganya. Karena kami ingin mewujudkan sekolah madani sedini mungkin,” cerita Nasrul di ruang kerjanya di SMAN 1 Palembang di jalan Sriwijaya Negara Palembang, Selasa (13/9).

Yang kita inginkan, lanjutnya, mewujudkan visi kota Palembang EMAS (Elok, Madani, Aman dan Sejahtera). Awalnya, madani itu dari keluarga dan sekolah, baru kejenjang yang lebih tinggi, suasana islaminya harus kental tidak mesti di sekolah yang berbasis islam. “Siapa lagi yang akan memulai jika bukan lembaga pendidikan,” tegas dia.

Kembali kata Nasrul, pihaknya selalu berupaya untuk mengadakan penyembelihan dan pembagian daging hewan kurban untuk masyarakat lingkungan sekolah dan warga sekolah sendiri. “Dagingnya kami bagikan kepada pihak sekolah dan masyarakat di lingkungan sekolah.
Tujuannya Kita menginginkan konsep rela berkorban yang bukan hanya dalam bentuk material saja, kita tuntut semuanya baik secara bathin yang sifatnya fikiran dan keikhlasan,” jelasnya.

Sementara itu diwaktu dan lokasi yang berbeda, kepala SMAN 3 Palembang, Rusdiana menambahkan, untuk tahun ini pihaknya menyembelih 2 ekor sapi dari sumbangan guru dan pegawai SMAN 3 Palembang, yang dagingnya akan dibagikan kepada masyarakat lingkungan sekolah, siswa dan warga sekolah yang kurang mampu. Kegiatan kurban ini mulai intens dikerjakan SMAN 3 Palembang dari 2 tahun lalu, semenjak dikepalai oleh Rusdiana.

“Kami membagikan 160 kupon untuk tukang becak, masyarakat lingkungan sekolah dan warga sekolah yang kurang mampu, dimana  1 kupon akan ditukarkan dengan 1 kilogram daging sapi,” pungkasnya. (korankito.com/eja)