Bisa Dipercaya

TP PKK Kota Palembang Kunjungi Pelatihan Penggosokan Intan Di Kabupaten Banjar

img_9845

Palembang – Dihari ketiga kunjungan kerja pengurus Tim Penggerak PKK se-Kota Palembang, Rombongan yang dikomandoi langsung oleh Ketua TP PKK Kota Palembang Hj. Selviana Harnojoyo, langsung menyambangi pusat pengrajinan Intan di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan, Rabu (7/9/2016).

Dari pantauan lapangan, rombongan diterima oleh jajaran Dinas Pariwisata dan pemuda Olahraga Kabupaten Banjar di Gedung Pelatihan Penggosokan Intan yang bekerja sama dengan Bank Indonesia cabang Kalimantan Selatan. Rombongan mendapatkan penjelasan dari teknisi yang mempraktekan secara langsung tentang proses membuat perhiasan yang sangat terkenal di Indonesia ini, mulai dari pendulangannya hingga penghalusan bentuk permata.

Berita Sejenis

Tertipu, Uang Rp200 Juta Melayang

Ditinggal Belanja, Motor Kesayangan Raib

Setahun Buron, Pencuri Burung Kacer Diringkus

1 daripada 3.076

“Hari ini kita melihat langsung proses pembuatan hiasan (intan) yang sebelumnya sering kita lihat di toko toko perhiasan ” ujar Hj. Selviana yang merupakan istri Walikota Palembang H. Harnojoyo.

Ditambahkannya, dalam lawatan ke pulau Kalimantan adalah merupakan study banding bagi seluruh pengurus TP PKK Kota Palembang agar dapat diimplementasikan untuk kegiatan-kegiatan di Kota Palembang salah satunya pemberdayaan usaha kecil menegah (UKM).

” Harapan kami dengan melihat pengrajin Intan ini agar menjadi inspirasi bagi pengurus agar pemberdayan UKM semakin ditingkatkan, karena kita ketahui para pengrajin ini menjadi penopang utama perekonomian kerakyatan di Kabupaten Banjar tersebut ” ucap Hj. Selviana Harnojoyo.

Hal senada disampaikan Koordinator Pokja IV TP PKK Kota Palembang Dr Erfiana Umar, MKes rangkaian kunjungan TP PKK upaya untuk meningkatkan pengetahuan bagi semua pengurus agar dapat diterapkan di Kota Palembang, salah satunya memanfaatkan hasil-hasil kerajinan khas daerah.

” Pada dasarnya sama, namun disini (Banjar) pengrajin intan kita di Palembang pengrajin jumputan, tinggal pemberdayaannya serta strategi promosinya agar dapat mengangkat perekonomian rakyat ” Ujar Dr Erfiana

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Kelurahan (PMK) Edwin Effendi mengatakan dalam rangkaian kunjungan kerja pengurus PKK se-Kota Palembang mengunjungi kerajinan kerajinan daerah salah satunya pengrajin Intan.

” Dihari ketiga ini rombongan melihat pelatihan pengrajin intan, setelah kemarin bertemu dengan pengurus PKK Kota Banjar Masin dan Kabupaten Martapura, ini upaya kita untuk meningkatkan pemberdayaan Masyarakat Kelurahan ” tutup Edwin (koran kito.com/ria)