Bisa Dipercaya

AKUMANDIRI Rambah SMK

img_20160909_101948_ao_hdr

Palembang – Assosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (IUMKM) yang dikenal dengan sebutan AKUMANDIRI, mulai jalin kerjasama dengan pihak sekolah menengah kejuruan (SMK) di kota Palembang.

Bersamaan dengan dilantiknya dewan pengurus wilayah (DPW) Sumatera Selatan (Sumsel) di aula SMKN 3 Palembang, Jum’at (9/9). IUMKM atau AKUMANDIRI mengajak beberapa SMK di kota Palembang untuk menjalin kerjasama dalam bidang pembinaan UMKM.

Berita Sejenis
1 daripada 3.075

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IUMKM (AKUMANDIRI), Hermawati Setyorinny mengatakan, UMKM di Sumsel itu sangat banyak dan beragam pula produk yang ditawarkann yang tidak kalah dengan daerah lain. “Kami akan lakukan kerjasama dengan pihak SMK dan mahasiswa, kami ingin mengenalkan dunia industri lebih awal kepada mereka. Jadi, mereka lebih siap karena sudah mengetahui dasar-dasarnya sebelum terjun langsung ke dunia UMKM,” ujar wanita berambut ikal sebahu ini usai melantik DPW Sumsel.

Menurutnya, target dari program AKUMANDIRI ini adalah mendukung program pemerintah mengenai UKM dan memastikan pemilik usaha tersebut mendapatkan haknya mengerti apa saja kewajiban serta prosedur menjalankan UKM yang benar. Diakuinya, AKUMANDIRI ini memang tergolong masih baru, tapi tindakan kami itu real, sudah ada 35 cabang se-Indonesia. “Program kami sangat bisa untuk membantu siswa SMK yang mengambil jurusan atau berminat dibidang UMKM. Kami juga telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar, kita akan manfaatkan dana CSR binamitra untuk membina pelajar terutama SMK untuk bisa terjun ke dunia industri maupun UMKM secepatnya,” tutur dia.

Ditambahkan oleh ketua DPW Sumsel, Apit Fathurohman, pihaknya akan segera melatih anggota UMKM yang di sebagian anggotanya adalah pelajar dan mahasiswa di beberapa kota seperti Palembang, Prabumulih, kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). “K ami akan secepatnya melakukan kerjasama dengan pihak SMKN 5 Palembang dan SMKN3 Palembang. Pelatihannya tergantung kebutuhan mereka, tapi biasanya akan kami latih pengetahuan dasar dan teknis mengenai UMKM terlebih dahulu,” kata Apit ditempat yang sama.

Sementara, kepala SMKN 3 Palembang, Hernawati mengakui, jika sampai saat ini (9/9), belum ada bentuk kerjasama apapun yang pihaknya lakukan dengan AKUMANDIRi. “Kami siap sambut baik program dari AKUMANDIRI. Karena pada dasarnya sekolah sudah menjadi wadah siswa melatih diri untuk berwirausaha mengingat, SMKN 3 mempuntai jurusan Bisnis Manajemen dan Pemasaran. Tapi akan kami tindak lanjuti dan kami siap membantu program yang diinginkan oleh AKUMANDIRI selama itu baik untuk siswa,” pungkasnya.
(korankito.com/eja)