Posbakum Pengadilan Agama Siap Bantu Pengajuan Gugatan

alamat-kantor-pengadilan-agama-palembang

Palembang – Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Pengadilan Agama (PA) Palembang siap membantu warga yang akan membuat surat permohonan pengajuan gugatan di Pengadilan Agama (PA) Palembang. Setiap harinya 10 sampai 15 surat permohonan untuk pengajuan pembuatan surat gugatan yang dibuat oleh Pos Bakum ini.

“Intinya yang ada di Pos Bakum ini lulusan fakultas hukum dan mengerti tentang hukum,” kata Ali salah satu anggota Pos Bakum saat di wawancarai, Kamis (8/9).

Ali menjelaskan, Posbakum ini lembaga non litigasi yang bertugas membantu warga dalam membuat bermacam-macam surat permohonan  gugatan yang akan diajukan di PA tapi tidak mendampingi dalam sidang. Diantaranya surat gugat cerai, cerai talak, isbath nikah, penetapan atau fatwa ahli waris, gugat waris, harta Gono gini, hak asuh anak/perwalian.

“Yang paling banyak dilayani itu surat permohonan gugat cerai dan cerai talak. Sedangkan yang paling sedikit yakni  gugat waris, harta Gono gini hak asuh anak/perwalian,” ungkapnya.

Menurutnya, sejak didirikan lima tahun lalu, ribuan untuk pembuatan surat permohonan pengajuan yang dibuat. Untuk setiap bulannya kasus yang banyak masuk di Pos Bakum surat permohonan selalu bertambah. Untuk bukan Agustus saja ada 182 kasus.

Lebih lanjut tambahnya, banyak faktor y ang menjadi dasar pengajuan surat gugatan yang di buat oleh pihaknya. Faktor ekonomi menjadi penyebab paling besar mengingat gugatan yang diajukan berasal dari warga dengan taraf ekonomi mengenai ke bawah.

Sedangkan untuk gugatan karena tidak adanya keturunan hanya 15 persen Pertahun dari jumlah kasus gugatan yang masuk. “Faktor ekonomi seperti berjudi dan kdrt. Sedangkan menengah ke atas biasanya narkoba, selingkuh,” terangnya.

Sebagai lembaga litigasi, Posbakum tidak menarik iuran kepada pemohon untuk membuat surat gugatan. Bahkan disediakan juga layanan konsultasi untuk pemohon yang baru akan mengajukan gugatan seperti syarat-syarat untuk mengajukan gugatan, kronologis kejadian pengajuan gugatan dan masih banyak lagi.

“Sebagai konsultasi juga sebagai petunjuk untuk mengajukan cara gugatan. Kalau meja informasi tutup tugas kita yg kasih informasi,” tukasnya.

Buka Setiap hari kerja dari pukul 08.00 WIB -16.00 WIB, Pos Bakum ini hanya di datangi oleh masyarakat yang akan mengajukan gugatan tanpa di dampingi oleh kuasa hukum. “Kalau penggugat memakai jasa kuasa hukum biasanya sudah disediakan langsung oleh kuasa hukum itu,” pungkasnya. O ria