KOMIKA Dukung Program Aswari

IMG-20160906-WA0005

Palembang – Bermula dari rasa kagum, segelintir mahasiswa membangun Komika untuk mendukung Bupati Kabupaten Lahat Aswari Rivai dalam setiap kegiatannya. Awal mulanya dibentuk oleh 15 orang mahasiswa saja, tapi kini seiring dengan perjalanan dan keteguhan hati mereka Komunitas Muda Kerabat Aswari (KOMIKA) sudah beranggotakan lebih dari 230 orang. Mereka sebagian besar adalah mahasiswa. Bukan hanya di Palembang KOMIKA juga sudah terbentuk di beberapa daerah seperti PALI, OI, Lahat dan dalam waktu dekat juga akan dibentuk di Muratara.

KOMIKA dibentuk hanya untuk membantu beragam kegiatan Aswari Rifai, layak di Jakarta, kalau di ibukota ada teman Ahok namun di Sumatera Selatan (Sumsel) ada KOMIKA yang mendukung Aswari meskipun terdapat beberapa perbedaan. Yang patut diapresiasi dalam melakukan kegiatannya mereka melakukannya secara swadaya terutama soal pendanaan sebuah kegiatan, misalnya mengadakan sebuah event yang membawa nama Aswari Rifai dengan media sosialisasinya berupa spanduk bergambar Aswari.

Ditemui di Posko Sarana Ambulance Rakyat (SAR) +, Selasa, (8/9), Ketua Pembina KOMIKA, Bram Martha menjelaskan bahwa Komika ini baru berumur beberapa bulan atau tepatnya berdiri pada 10 Juni tahun ini. Namun, meskipun begitu jumlah anggotanya terus bertambah pesat bahkan direncanakan akan terbentuk diseluruh kabupaten/kota se-Sumsel.

“Menjadi anggota KOMIKA tidak ada paksaaan, bersifat sukarela saja, bagi yang berminat dipersilahkan bergabung, rata-rata sebagian besar dari meraka mengangumi kepemimpinan pak Aswari yang benar-benar merakyat ini,” ujar Bram sapaan akrabnya.

Diakuinya, cara untuk menjadi KOMIKA cukup mudah yakni cukup mendaftar via Facebook di akun Komika, Twitter melalui akun @komika atau Instagram atau bisa juga mendaftar dengan mendatangi langsung secretariat KOMIKA di jalan Mayor Ruslan nomor 4. Banyak ragam kegiatan yang dapat di gawangi disini seperti beberapa waktu lalu terlibat dalam kegiatan perlombaan 17 agustus di kelurahan 3-4 ulu dan dalam waktu dekat akan mengadakan halal bi halal.

“Cukup menyertakan foto dan mengisi formulir kepesertaan, setelah itu ID card akan dicetak,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KOMIKA, Heriansyah menambahkan, oleh karena umur Kominutas ini masih baru maka hal yang paling utama yang dikerjakan adalah kaderisasi. Bentuk-bentuk kaderisasi bisa dilakukan di kampus-kampus dimana anggota berasal atau bisa juga dengan mengenalkan KOMIKA lebih dekat lagi kepada mahasiswa.

“Cara yang dapat kami lakukan adalah mengenalkan lingkup dan program kerja KOMIKA termasuk juga melakukan diskusi-diskusi yang bersifat konstrukti khususnya apa yang telah dilakukan Aswari Rifai hingga kini,” ungkapnya.

Sekali lagi ia menegaskan untuk menjadi kepesertaan tidak ada paksaan dalam bentuk apapun, bahkan sejak terbentuk beberapa waktu lalu dirinya maupun susunan kepengurusan KOMIKA belum satu kalipun bertemu langsung dengan Aswari Rifai dikarenakan kesibukan Bupati Lahat itu yang cukup menyita waktu namun apapapun itu sekali lagi yang terpenting adalah bagaimana bisa membantu beragam kegiatan Aswari Rifai menuju Sumsel 1.

“Kami hanya bisa berpesan, agar Pak Aswari jangan berubah, tetap seperti apa adanya sama seperti melayani masyarakat Lahat, berikan yang terbaik untuk Sumsel dengan kerja nyata,” harap Mahasiswa Universitas Raden Fatah (UIN) Palembang, semester akhir ini.

Dikesempatan akhir, Heriansyah yang didampingi Sekjen, Eko Wahyudi menghimbau agar seluruh mahasiswa baik dari PTN maupun PTS di Palembang agar bergabung, kepesertaan kian hari kian bertambah dimana peserta juga datang dari masyarakat umum, khususnya yang telah memiliki mata pilih pada tahun 2018 mendatang. (korankito.com/eja)