Pemukim Dibantaran Sungai Diminta Waspada

IMG_5456

Palembang – Memasuki musim penghujan yang terjadi lebih cepat dari sebelumnya, BMKG menghimbau agar warga yang berdomisili di daerah aliran sungai diminta untuk waspada. Dikuatirkan jika terjadi intensintas tinggi pada curah hujan akan ada luapan air sungai yang bisa menyebabkan banjir.

Kasi Observasi dan Informasi BMKG Kenten Palembang Indra Purna saat dihubungi melalui saluran telepon mengatakan musim hujan diperkirakan akan berlangsung lebih panjang dari sebelumnya. Hal itu dikarenakan tidak adanya kemarau ekstrem yang terjadi saat musim kemarau lalu.

“Saat ini sudah musim penghujan di Palembang. Bahkan sudah mulai masuk musim penghujan sejak akhir Agustus lalu dan akan berlangsung hingga awal bulan Mei 2017. Setelah itu diperkirakan akan mulai memasuki musim kemarau,” katanya.

Indra melanjutkan, saat ini intensitas curah hujan di Kota Palembang masuk ke dalam kategori intensitas sedang yakni antara 250mm-350mm. “Intensitas hujan di akhir Agustus sampai sekarang sudah berada dikisaran 250mm-350mm. Biasanya di bulan Agustus itu intensitas curah hujan hanya 50mm-100mm,” jelasnya.

Karena itu, mengingat mulai tingginya curah hujan, pihaknya menghimbau warga untuk waspada akan angin kencang yang disertai petir. Terutama di saat sore menjelang malam hari. Kendati demikian kondisi cuaca tidak bisa diprediksi. “Bisa saja di pagi hari panas terlebih dahulu, siangnya akan mendung dan mulai hujan deras,” ujarnya. (korankito.com/ria)