Bisa Dipercaya

Orangtua Jangan Sungkan Datang ke Sekolah

IMG-20160903-WA0002Palembang – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dispora) Kota Palembang mengimbau orangtua siswa agar jangan segan datang ke sekolah untuk menanyakan perkembangan anaknya.

Dispora Kota Palembang sangat mendukung program pendidikan keluarga yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI).

Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah (SMP/SM) Dispora Palembang, Lukman Haris mengatakan, pihaknya sangat mendukung program tersebut, karena dapat meningkatkan kedekatan antara pihak sekolah dan Dinas Pendidikan (Disdik) untuk menyampaikan informasi-informasi terkait pendidikan anak-anak di masa depan.

Berita Sejenis
1 daripada 3.093

“Salah satunya juga mendukung program pendidikan keluarga. Saya sampaikan kepada orangtua agar jangan segan untuk datang ke sekolah, minimal seminggu sekali menemui guru sekolah ataupun guru bimbingan konseling, guna menanyakan perkembangan anaknya yang baik maupun tindakan yang mengarah kepada hal yang negatif,” imbau Lukman usai menghadiri pengukuhan siswa kelas sepuluh (X) SMAN 3 Palembang di Hotel Atyasa Palembang, Sabtu (3/9) pagi.

Intinya adalah komunikasi yang baik. Pihak sekolah, jika ada orangtua yang jarang atau bahkan tidak pernah datang ke sekolah, sesekali guru yang datang kerumah siswanya. “Guru juga harus jemput bola. Kunjungi rumah siswa yang orangtua maupun walinya yang jarang datang, apalagi jika ditemukan anak tersebut adanya tindakan yang negatif,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Palembang, Rusdiana mengakui, saat ini ada 416 siswa kelas sepuluh yang dikukuhkan. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program pendidikan keluarga, serta menegakkan disiplin, komitmen dan tanggung jawab.

“Untuk kelanjutan ke depannya akan kita laksanakan pertemuan antara orangtua dan pihak sekolah, terutama wali kelasnya minimal 2 kali setahun. Kalau rencananya sih, 3 bulan sekali dalam upaya meningkatkan pembelajaran siswa di sekolah dan di rumah baik di bidang akademik dan non-akademik,” kata Rusdiana.

Pengukuhan siswa di SMAN 3 Palembang merupakan program tahunan. Khusus tahun ini, dikatakannya, berkat bantuan dan bimbingan orangtua siswa yang membantu dalam menyukseskan pengukuhan tersebut. “Selain itu juga, dengan harapan ke depannya kita inginkan para lulusan dari sini (SMAN 3) lebih disiplin, berkomitmen dan bertanggung jawab yang bisa mengharumkan nama baik sekolah,” pungkasnya.korankito.com/ejak