Poltekpar Siapkan SDM Profesional

Mahasiswa Poltekpar foto bersama Gubernur H Alex Noerdin

Mahasiswa Poltekpar foto bersama Gubernur H Alex Noerdin

Palembang- Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin rencanannya hari ini Jumat (2/9), akan memberikan kuliah umum di depan 200 mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang.

Kuliah umum Gubernur Sumatera Selatan ini juga menandai dimulainya kegiatan perkuliahan Poltekpar Palembang tahun akademik 2016-2017.    Poltekpar Palembang adalah perguruan tinggi negeri pertama di Sumatera Selatan yang menyelenggarakan program pendidikan vokasi dalam disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi pariwisata.

Gubernur Alex menyatakan bahwa Sumsel kini sudah menjadi kota Internasional sehingga dituntut untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia atau SDM yang profesional di bidangnya. Salah satunya SDM di bidang pariwisata dengan adanya Poltek Pariwisata.

“Event-event olahraga internasional berdampak pada sektor ekonomi dan   pariwisata seperti perhotelan, restoran. Peluang ini juga harus bisa dimanfaatkan oleh SDM kita,” kata Gubernur.

Poltekpar juga memiliki dua jurusan, yakni jurusan Hospitaliti dengan 3 Program Studi  dan Jurusan Perjalanan dengan program Studi Pengelolaan Konvensi dan Acara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel Irene Camelyn Sinaga menjelaskan pendirian Poltekpar Palembang dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan di daerah dan nasional yang profesional dan memiliki keunggulan sikap dan daya saing.

Menurut Irene, misi Poltekpar Palembang di antaranya akan memposisikan diri sebagai Perguruan Tinggi Kepariwisataan yang memiliki peran strategis dalam mendorong kemandirian pariwisata daerah dan nasional. Selain itu menjadi jejaring pendidikan kepariwisataan nasional dengan meningkatkan jejaring kerja dengan  para pemangku kepentingan kepariwisataan di dalam dan luar negeri.

Pada bagian lain Iren juga menjelaskan tujuan pendirian Poltekpar Palembang di antaranya selain mewujudkan SDM Pariwisata yang berkompeten juga menjadikan Poltekpar Palembang sebagai pusat pengkajian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang kepariwisataan yang terpercaya oleh para pemangku kepentingan.

“Dari 200 mahasiswa Poltekpar Palembang yang mengikuti kuliah umum Gubernur Sumsel ini sebelumnya telah lolos seleksi dan telah mengikuti Pembinaan Sikap Dasar Profesi (PSDP) yang berlangsung di Jakabaring,” ujar Irene.yudi