2019, Seluruh Puskesmas di Lahat Lulus Akreditasi

 

19DSC_0032Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) menargetkan seluruh puskesmas yang berada disetiap Kecamatan di Kabupaten Lahat lulus akreditasi pada 2019.

Bupati Lahat melalui Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) H. Rasyidi Amri mengatakan, keseluruhan puskesmas di Kabupaten Lahat sudah dalam proses akreditasi telah memberikan semangat kepada perbaikan pelayanan. “Kami melihat bahwa profil juga penampilan kinerja serta pelayanan puskesmas sangat berbeda dari tahun ke tahun dengan melakukan perbaikan-perbaikan,” ujarnya kepada Koran Kito, Kamis (1/9).

Ia mengatakan, di Kabupaten Lahat sudah ada lima puskesmas yang akan diusulkan untuk diakreditasi pada tahun 2016 yang saat ini dalam proses pendampingan. Lima puskesmas itu adalah puskesmas Bandar Jaya, Merapi II, Kota Agung, Jarai, dan puskesmas Tanjung Sakti. Pada 2016, pihaknya menargetkan lima puskesmas tersebut lulus akreditasi.

‘’Pada tahun ini, ada lima puskesmas yang diajukan akreditasi dapat lulus dengan baik, dan semoga 2019 nanti semua puskesmas sudah terakreditasi. Bahkan dengan akreditasi ini banyak kabupaten dan kota di tempat lain yang pergi ke Kabupaten Lahat untuk melihat itu semuanya,” katanya.

Rasyidi menambahkan, puskesmas yang berstatus sebagai Rawat dapat memberikan pelayanan rawat inap yang lebih optimal. Hal itu, lanjutnya, untuk mendekatkan masyarakat pada layanan kesehatan yang lebih lengkap dan juga mengurangi beban pada RSUD Lahat. “RSUD Lahat sendiri sering kewalahan menghadapi meningkatnya jumlah pasien yang harus ditangani,” katanya.

Menurut dia, puskesmas dalam menangani pasien banyak yang kemudian merujuk ke RSUD. Dengan meningkatkan puskesmas menjadi puskesmas terakreditasi, katanya, maka pasien bisa ditangani tanpa harus dirujuk.

Pada tahap selanjutnya, jelas Rasyidi, akan dikembangkan lagi puskesmas untuk dilakukan proses akreditasi pada tahun 2017 yaitu Puskesmas Pagar Jati, Pagar Agung, Merapi I, Perangai, Bumi Lampung dan Puskesmas Bungamas. Sedangakan pada tahun 2018 ada enam puskesmas yang akan dilakukan proses akreditasi yaitu puskesmas Pulau Pinang, Saung Naga, Pagar Gunung, Muara Tiga, SP III Pumu dan Puskesmas Tanjung Aur. Sisanya yaitu Puskesmas Tanjung Tebat, Tinggi Hari, Pajar Bulan, Muara Payang, Sukarame dan Puskesmas Pseksu dipersiapkan untuk tahun 2019.

Ia menyebutkan Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat kini tengah mempersiapkan infrastruktur pendukung baik bangunan maupun peralatannya. “Yang masih kurang memang SDM-nya. Karena memang berbeda dengan puskesmas yang biasanya,” katanya.

Namun demikian, ia berharap adanya konsistensi terhadap komitmen yang telah dibangun oleh stakeholders yang terkait dengan proses akreditasi ini. (adv.hms)