Rumah Limas Icon Wisata Budaya Khas Palembang

rumah limas

Palembang – Masyarakat yang ingin berwisata budaya sambil mengenal budaya adat khas Palembang bisa mendatangi Rumah Limas Palembang. Terletak di jalan Demang Lebar Daun no. 51 depan RS Bunda Palembang, Rumah Limas Khas Adat Palembang ini akan dibuka untuk umum.

Public Relation (PR) Rumah Limas Palembang, Sri Handayani mengatakan Rumah Limas Palembang terbuat dari kayu dan berbentuk rumah panggung  ini bakal menjadi icon baru Kota Palembang. Sebelumnya Rumah Limas Palembang tersebut hanya dibuka untuk kalangan khusus dan terkesan ekslusif. “Sekarang Rumah Limas Palembang ini akan dibuka untuk umum,” katanya.

Sri mengatakan Rumah Limas Palembang yang telah berusia hampir 25 tahun ini pun bisa menjadi tempat wisata budaya terbaru bagi masyarakat kota Palembang. Terdiri dari dua lantai, lantai pertama akan dijadikan tempat pusat oleh-oleh khas Palembang.

Sedangkan lantai II sebagai tempat koleksi pernak-pernik khas Palembang seperti songket, pelaminan khas Palembang, kamar pengantin khas Palembang, serta penyewaan pakaian adat pengantin Palembang. Selain sebagai tempat koleksi pernak-pernik khas Palembang dilantai II juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk berfoto-foto.

“Pengunjung yang ingin berfoto menggunakan pakaian adat Palembang dan venue berlatar belakang budaya kental khas Palembang bisa datang ke sini,” ulasnya.

Pengunjung yang datang ke Rumah Limas Palembang tak hanya sekedar berfoto saja tetapi bisa belajar mengenal budaya Palembang. Akan banyak sekali budaya Palembang yang bisa di ketahui di rumah Limas Palembang. “Kebanyakan tamu yang datang ke sini untuk berfoto dengan menggunakan pakaian adat yang kita sewakan lengkap dengan aksesoris dan make up,” kata dia.

Para pengunjung atau tamu pun bisa memilih pakaian adat khas Palembang dengan warna dan motif yang disukai.  Untuk berfoto menggunakan pakaian adat dikenakan biaya sebesar Rp. 150 ribu per orang sudah termasuk pakaian adat, aksesoris dan make up, hair stylish dan juga cetak foto ukuran 4R sebanyak satu lembar.

Untuk biaya tambahan cetak foto dikenakan biaya lagi yakni untuk ukuran 4R Rp 20.000 dan ukuran 10R Rp 30.000. Untuk tiket masuk pun hanya dikenakan biaya Rp 10.000 per orang plus mendapatkan souvenir dari Rumah Limas.

Ia mengataakan Rumah Limas ini pun sudah mendapatkan kunjungan dari berbagai instasi hingga anak-anak sekolah. “Di sini juga banyak dilakukan oleh pasangan pengantin untuk melakukan pradedding pernikahan serta disewakan juga untuk acar akad nikah hingga resepsi pernikahan,” ujarnya.

Lebih lanjut Sri menambahkan, Rumah Limas adat Palembang ini pun bisa dijadikan ajang mengenal budaya Kota Palembang karena setiap sudut rumah ini serta isi dalamnya kental dengan nuansa Palembang. “Kita juga selalu memberikan edukasi dan informasi mengenai budaya Palembang kepada setiap tamu yang datang,’ tegas dia. Rumah Limas merupakan cagar budaya khas Palembang yang dibangun sejak tahun 1991 oleh Bapak KHA Aziz Hamidsebagai betuk pelestarian kebudayaan Palembang. (korankito.com/ria)