Bisa Dipercaya

Pusda Gelar Pelatihan Teknis Pengelolaan Perpus

IMG_20160901_104713_HDR

Palembang – Perpustakaan Daerah (Pusda) kota Palembang gelar bimbingan teknis untuk pengelola perpustakaan tingkat sekolah menengah pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), sekolah menengah atas/kejuruan (SMA/SMK) dan Madrasah Aliyah (MA) se-kota Palembang di hotal Graha Sriwijaya di Jalan Merdeka Palembang, Kamis (01/09).

Guna menutupi kekurangan tenaga profesional pengelola perpustakaan, Puspa kota Palembang memberikan pelatihan teknis pada pengurus perpustakaan yang notabene bukan berprofesi sebagai pustakawan.

Berita Sejenis

Meilia : Utamakan Penunjang Akademik Mahasiswa

Innalillahi, Kepala DPMDP3A Empatlawang Tutup Usia

Aline Adita Umumkan Tanggal Pernikahan

1 daripada 3.099

Kepala Pusda Palembang, Hanafiah mengatakan, bimbingan teknis terkait pengelolaan perpustakaan (perpus) ini dimulai dari tingkat sekolah menengah dan madrasah. Hal ini terkait dengan Undang-Undang nomor 43 tahun 2007 mengenai perpus, dimana mereka (para pengelola) harus profesional.

“Dengan adanya ini kita akan menjaring sekolah mana yang belum punya tenaga profesional. Jadi, tenaga pengurus saat ini akan kita beri pelatihan. Dan kita akan membantu permohonan kepihak terkait untuk memenuhi kekurangannya di perpus sekolah,” jelas Hanafiah disela bimbingan teknis pengelola perpus sekolah, Kamis (01/09).

Untuk standar nasional Indonesia (SNI), lanjutnya, semestinya untuk ruangannya seluas 10×60 meter. Sedangkan di lapangan kebanyakan hanya berukuran 8×8 meter atau seukuran kelas. “Disini kita harapkan adanya pengembangan potensi kecerdasan siswa melalui perpus,” harapnya melalui koran kito.

Sementara itu, saat ini pusda memiliki 38ribu lebih koleksi buku, dan untuk membantu minat baca masyarakat pusda menyiapkan 2 mobil perpus keliling yang berada di kambang iwak dan benteng kuto besak (BKB). Dimana, 1 mobil bisa memuat 600 koleksi buku. “Satu koleksi buku itu bisa punya beberapa eksemplar cetakan,” pungkasnya. (korankito.com/eja)