Bisa Dipercaya

13 Pejabat Pemkot Dirotasi

IMG-20160901-WA0014

Palembang – Satu hari setelah pelantikan Fitrianti Agustinda sebagai Wakil Walikota (Wawako) Palembang, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang langsung melakukan rotasi jabatan pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Sebanyak 13 Pejabat eselon II Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setingkat pratama dan administrator dilantik untuk menempati posisi baru di SKPD lingkungan Pemkot Palembang, Kamis (1/9) di ruang Parameswara Setda Kota Palembang.

Walikota Palembang H. Harnojoyo mengatakan pelantikan pejabat eselon II dalam rangka meningkatkan kinerja dalam upaya membawa Kota Palembang agar lebih dikenal lagi baik di dalam Indonesia maupun di luar.

Berita Sejenis
1 daripada 10

Harnojoyo mengatakan, pelantikan yang dilakukan merupakan hal biasa dalam struktur organisasi pemerintahan. Adanya pergantian di beberapa SKPD di lingkungan Pemkot Palembang tidak lain sebagai upaya meningkatkan kinerja SKPD agar lebih baik lagi kedepannya. “Apalagi Kota Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games dibutuhkan kerja keras dari setiap SKPD,” ujarnya.

Ada beberapa SKPD yang diberi perhatian khusus untuk meningkatkan kinerja terkait dengan peningkatan pembangunan Kota Palembang, diantaranya Satpol PP, Diskominfo, DPJPP, Pariwisata, dan DKK. “Untuk Pak Alex, agar dapat meningkatkan penertiban. Selain kepolisian, keamanan dan ketertiban ada di Pol PP  terutama ketertiban di BKB,” kata Harno.

Kepada Kurniawan yang kini menjabat sebagai kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang, Harnojoyo juga berpesan agar dapat meningkatkan promosi untuk memperkenalkan kota Palembang. “Tugas berat ada di terutama mempromosikan kota Palembang ke luar melalui program Smart City. Bila perlu study banding mengenai smart city ke Bandung,” ujarnya.

Selain itu, menurut Harnojoyo, Palembang pernah mendapatkan predikat taman terbaik, sehingga sudah menjadi tugas dari DPJPP untuk dapat mempertahankan penghargaan tersebut. “Sedangkan untuk Isnaini Madani, ujung tombak pariwisata Palembang ada di Dinas Pariwisata. Upayakan peningkatan destinasi pariwisata terbaru menjadi prioritas. Akan dijadikannya kota Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018 nanti menjadi tugas berat dinas Pariwisata bagaimana menarik wisatawan untuk datang ke Palembang.  “Tugas saudara bagaimana memajukan pariwisata di Kota Palembang,” tukasnya.

Dari beberapa pejabat yang dilantik hanya bertukar posisi saja. Diantaranya Ratu Dewa yang semula Kepala KPPT menggantikan Kurniawan yang menjabat Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo)Kota Palembang.

Diki Lenggardi Tatung yang semula Kadis Kominfo dipercaya lagi untuk menjadi Kepala PBK menggantikan Edison yang menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) Kota Palembang. Rata-rata pejabat yang dilantik merupakan pejabat yang masih baru memimpin di tempat yang lama.

“Saya saja baru 10 bulan di tempat sebelumnya (Disnaker-red) Kota Palembang, ” ujar Isnaini Madani yang dilantik menjadi Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang.

Sebelumnya, pada Rabu (31/8) kemarin, Fitrianti Agustinda atau yang akrab disapa Finda dilantik menjadi Wakil Walikota (Wawako) Kota Palembang mendampingi Walikota Palembang H.Harnojoyo meneruskan sisa jabatan Wakil Walikota masa jabatan 2013-2018.

Mengenakan pakaian PDH warna putih dengan jilbab berwarna senada, Finda dilantik langsung Gubernur Sumatera Selatan  Sumatera  H. Alex Noerdin. Didampingi suami, ia mantap mengucapkan sumpah sebagai Wakil Walikota dan siap melaksanakan amanah dan memenuhi tanggung jawab sebagai Wakil Walikota Palembang.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dalam sambutannya mengatakan pelantikan Wawako ini sudah lama ditunggu. Apalagi dalam waktu dekat Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games bersaing dengan DKI Jakarta. “Sekarang struktur pemerintahan dan kepemimpinan di Kota Palembang sudah lengkap,” katanya.

Sebagai kota yang sebentar lagi akan menjadi tuan rumah perhelatan Akbar yakni Asian Games akan banyak tugas berat yang sudah menanti. Karema itu dibutuhkan kerjasama yang baik antara Walikota, Wakil Walikota untuk bisa memujudkan semua.

Alex pun meminta Walikota Palembang dan jajarannya untuk bekerja keras. “Ujung tombak sebagai tuan rumah Asian Games adalah walikota beserta jajaran. Jadi tidak main-main. Tugas Ibu Fitrinda tugas Anda berat sebagai Wakil Walikota,” ujarnya.

Alex pun memberikan nasehat kepada Wawako terpilih agar dapat mengemban amanah yang diberikan untuk membantu Walikota Palembang H. Harnojoyo dalam menjalankan roda pemerintahan di Kota Palembang.

“Saya ingatkan kepada Ibu Fitrianti Agustinda, anda sebagai wakil bertindaklah sebagai wakil. Jangan berpikir diatas wakil. Tugas Anda berat. Boleh tajam jangan melukai boleh cepat jangan nendahului, boleh pintar tapi jangan menggurui,” katanya.

Alex pun berpesan kepada kepada Fitrinda untuk bekerja sebagaimana jabatan yang diberikan kepadanya. Dan jangan melangkahi kewenangan Walikota. “Tempatkan posisi sebagai Wakil Walikota yang membantu dan mendukung kerja walikota,” tukasnya. (korankito.com/ria)

 

Berikut daftar nama-nama pejabat eselon II yang dilantik :

Drs Alex Ferdinandius pembinan tingkat I menjabat Kasat Pol PP Kota Palembang mengantikan Tatang Duka Direja.

Edison Pembina tingkat I menjabat Kepala Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman (DjPP) Kota Palembang mengantikan Alex Ferdinandius.

Decki Lengardi SE., M.Si pembinan muda menjabat Kepala Pelaksana Badan Penangulangan Bencana dan Pemadam dan Kebakaran Kota Palembang.

Kurniawan, AP., M.Si pembinan tingkat I menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Palembang yang semulanya menjabat Kepala BKDD Kota Palembang.

Drs Ratu Dewa, M.Si pembina tingkat I menjabat Kepala BKDD yang sebelumnya menjabat Kepala BPM-PTSP.

Drs Ahmad Zazuli pembinan tingkat I menjabat Kepala BPM-PTSP yang sebelumnya menjabat Kepala Disbudpar Kota Palembang.

Ir H.K.M Isnaini Madani pembina utama menjabat Kepala Disbudpar Kota Palembang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang.

Drs. M. Yanuarpan pembina tingkat I menjabat Kepala Disnaker Kota Palembang sebelumnya menjabat staf ahli bidang politik hukum dan HAM.

Drs Agoeng Noegroho pembina tingkat I menjabat staf ahli bidang politik hukum dan ham.

Drs H. Faisal AR, M.Si pembina utama menjabat Kepala Dinas Kebersihan Kota Palembang yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palembang.

Drs Alhidir pembina tingakt I menjabat Sekretaris Disnaker Kota Palembang sebelumnya menjabat Pj Kepala Bagian Sosial Kemasyarakat pada Setda Kota Palembang.

Riza Pahlevi, S.Sos.I,MA penata tingkat I Pj Kepala Bagian Sosial Kemasyarakat pada Setda Kota Palembang.

Sodikin , SE M.Si pembina menjabat Sekretaris Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Palembang.