Hari Pertama, Belasan Peserta Tak Ikuti UNPBK

Jpeg

Jpeg

Palembang – Belasan peserta dari 4.599 siswa lulusan sekolah menengah atas dan kejuruan (SMA/K) sederajat se-Sumatera Selatan (Sumsel) tidak mengikuti Ujian Nasional Perbaikan Berbasis Komputer (UNPBK), yang terbagi diempat SMA dan SMK di Palembang.

Dari pantauan Koran Kito, Ujian tersebut dilaksanakan selama tujuh hari, terhitung sejak tanggal 29 Agustus – 1 September dan 5-6 September 2016. Sementara untuk soal-soal yang ada pada UNP tersebut mengacu pada kisi-kisi Ujian Nasional (UN) 2015/2016.

Ketua Panitia Lokal (Panlok) SMK Negeri 2 Palembang, Heru Eko Pramono mengatakan, pelaksanaan UNP 2016 dilakukan dibeberapa sekolah sebagai tempat pelaksanaannya, seperti SMAN 3 Palembang, SMKN 2 Palembang, SMKN 3 Palembang dan SMKN 5 Palembang.

“UNP dilaksanakan dalam bentuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) selama tujuh hari dengan satu mata pelajaran yang dibagi menjadi dua sesi,” ujar Heru ketika ditanyai awak media di lokasi UNPBK di SMKN 2 Palembang di jalan Demang Lebar Daun, Senin (29/08).

Ada 300 siswa yang mengikuti UNP di SMAN 3, lanjutnya, di SMKN 2 berjumlah 929 siswa, SMKN 3 berjumlah 373 siswa, sedangkan SMKN 5 sebanyak 307 siswa.

“Ada banyak peserta UNP yang tidak hadir. Seperti yang terjadi di SMKN 2 Palembang, belasan pelajar tidak hadir. Di sesi pertama mata pelajaran Bahasa Indonesia saja ada 12 peserta tidak hadir,” jelas Heru.

Sementara itu, pada pelaksanaan UNP di SMAN 3 Palembang juga terdapat peserta yang tidak hadir. “Untuk sesi ujian Bahasa Indonesia yang tidak hadir ada 5 orang. Belum lagi disekolah lain yang menyelenggarakan UNPBK,” kata sala satu pengawas UNP di SMA 3 Palembang, Hermansyah.

Menurut Hermansyah, jadwal UNP pada hari Senin ini Bahasa Indonesia, Selasa Matematika, Rabu Bahasa Inggris, Kamis Fisika dan Ekonomi, Senin tanggal 5 September Kimia dan  Sosiologi, dan hari terakhir Selasa 6 September yakni Biologi dan Geografi. (korankito.com/eja)