KEK TAA Jadi Rebutan Para Investor , Siapa Cepat Dia Dapat

 

KEK TAA Rebutan Para Investor (1)Investor asing terus melirik Provinsi Sumatera Selatan untuk menanamkan modalnya. Saklah satunya investor dari Tim Shenzhen Cina   yang datang ke Sumsel dan diterima langsung Gebernur Sumsel H Alex Noerdin di Griya Agung, Palembang.
Tim Shenzhen merupakan perusahan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus perusahaan pengelola keuangan terbesar di dataran Cina. Setibanya di Palembang, Tim Shenzhen langsung berkunjung untuk melihat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api Api (TAA). Mereka terkesan dan langsung tertarik untuk berinvestasi.
Menurut Gubernur Alex, Tim Shenzhen Cina yang akan berinvestasi harus dilakukan dengan serius karena yang ingin berinvestasi banyak sekali seperti Dubai Port, Australia, dan Cina.  “Rencana sudah ada, sudah lihat di lapangan, sekarang siapa cepat dia dapat,” ujar Gubernur.
Alex Noerdin juga mengatakan, ada keseriusan agar Tim Shenzhen Cina untuk membuka kantor di sini.  “Kalau serius jangan cuma datang satu hari, buka kantor di sini,” ujarnya.

President of Qianhai Development and Investmen Holding Co. Ltd, Mr. Liu Yinhua, mengatakan, mereka cukup senang dengan sambutan  Pemprov Sumsel. “Kami bukan perusahaan swasta tetapi BUMN yang merupakan perusahaan lokomotif. Pada prinsipnya kami serius untuk berinvestasi,” ujarnya.

Menurutnya, perusahan ini didirikan pada tahun 2011, Shenzhen mempunyai beberapa bidang bisnis yakni bidang kontraktor, perumahan, bidang investasi otority. Untuk tahun ini Shenzhen mempunyai asset $10 miliar.

Perusahan shenzhen bertujuan mendirikan industri di Indonesia.  “Seperti beberapa waktu lalu Walikota kami pernah ke Indonesia, saat itu sudah bekerjasama di Pulau Jawa. Kami juga bukan hanya satu untuk melakukan kerjasama di Indonesia akan tetapi ada 3,” terangnya.

Menurutnya, KEK TAA ini mirip sekali seperti Shenzhen pada zaman dulu. “Jadi saat melihat TAA teringat kembali saat di Shenzhen,” tandasnya.

Tim Shenzhen Cina yang datang yaitu Asisstant Director of Authority of Qianhai Shenzhen-Hongkong Modern Service Industry Cooperationzone of Shenzheng, Chairman of Shenzheng Qianhai United Development Holding Co, Ltd. Mr. Zhang Shaohui.

Kemudian President of Qianhai Development and Investmen Holding Co. Ltd, Mr. Liu Yinhua. Vice President of Qianhai Development and Investmen Holding Co, Ltd, Mr. Shu Dong, Engineering Departement Senior Engineer of Qianhai Development and Investmen Holding Co. Ltd, Mr. Suo Yungheng, Invesment and Development Departement Manager of Qianhai Development and Invesment Holding Co, Mr. Chen Shuweng serta )Asset Operator Center Manager og Qianhai Development and Invesment Holding Co, Ltd. Mr. Chen Zhiping.adv/hms