Laskar Wong Kito Curi Poin di Kandang Lawan

 

ist

ist

 

Segiri-Sriwijaya FC berhasil mencuri poin saat menghadapi Pusamania Borneo FC, dengan skor 2-2 yang didapat di Stadion Segiri, Samarinda Kalimantan Timur, Sabtu (27/8). Torehan ini menjadi penutup Laskar Wong Kito di putaran pertama kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016.

Kickof babak pertama dimulai tepat pukul 16.00. Di menit-menit awal, benteng pertahanan yang dijaga oleh Mauricio Maciel dkk mulai dimasuki oleh penyerang PBFC, Pedro Javier. Namun kombinasi antara kiper Teja Paku Alam dan Maurico masih solid. Terbukti Pedro cukup kesulitan dalam menjebol lini pertahanan Sriwijaya FC.

Pada menit ke-14, penyerang Sriwijaya FC Hilton melanggar Jefri Kurniawan di dekat wilayah sepak pojok. Kondisi ini menciptakan peluang bagi PBFC karena wasit Muslimin dari Makassar memutuskan itu sebagai pelanggaran. Tendangan bebas dieksekusi langsung oleh Jefri dan bola direct tersebut melengkung menuju gawang Sriwijaya FC. Skor berubah menjadi 1-0 untuk PBFC.

Kebobolan duluan, membuat Sriwijaya FC memanas. Tensi permainan Supardi dkk lantas langsung naik. Akhirnya menit ke-27, Sriwijaya FC kembali mendapat peluang. Ketika bola berhasil dikuasai oleh Laskar Wong Kito, Mauricio memberikan umpan bola dan disambut oleh Airlangga di depan gawang PBFC. Sayang Airlangga tak bisa mengeksekusi dengan baik melalui heading sehingga bola berhasil ditangkap kiper PBFC Dian Agus Prasetyo.

Di pengujung babak pertama, nasib sial dialami oleh tuan rumah. PBFC harus kehilangan salah satu lini belakangnya, Jad Noureddin karena mendapatkan kartu merah oleh wasit. Peluang besar bagi Sriwijaya FC untuk masuk ke llini belakang karena Jad cukup agresif dalam menghadang penyerang Sriwijaya FC. Namun hingga babak pertama berakhir, Sriwijaya FC belum bisa merubah keadaan.

Tak butuh waktu lama bagi Sriwijaya FC untuk menyamakan kedudukan di babak kedua. Melalui kaki Airlangga Sutjipto pada menit ke-48, pemain yang akrab disapa Ronggo ini langsung melancarkan bola yang diumpankan oleh Hilton Moriera dari depan gawang Pesut Etam. Skor berubah 1-1.

Menit ke-66, SFC membalikkan keadaan. Berkat assist dari Beto, Hilton berhasil mengumpan Yohanis Nabar yang mendapat posisi cukup bagus untuk melakukan tendangan finishing. Anis akhirnya berhasil melancarkan bola menuju gawang Pesut Etam  hingga akhirnya skor berbalik menjadi 1-2.

 

Situasi berbahaya bagi Sriwijaya FC ketika Mauricio melanggar penyerang lawan nyaris di kotak penalti. Meski Wasit Iwan Sukoco memutuskan untuk tidak menghukun dengan penalti, PBFC tetap mendapat tendangan bebas. Akhirnya melalui kaki Lerby di menit ke-91, Pesut Etam akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Hingga peluit babak kedua berakhir, skor 2-2 cukup bagi Sriwijaya FC untuk mencuri poin dari tuan rumah. Sriwijaya FC mengakhiri putaran pertama dengan perolehan 28 poin dari 17 kali laga.korankito.com/resha

 

Susunan Pemain

Pusamania Borneo FC: (4-4-1-1)

Dian Agus Prasetyo (PG), Diego Robbie Michels, Jad Noureddin, Terens Puhiri, Zulkifli Sukur, Edilson dos Santos (Gerald Palngkali 55′), Firli Apriansyah, Hendra Ridwan, Jefri Kurniawan (Leonard Tupamahu 45′), Ponaryo Astaman (K), Pedro Javier Insfran (Lerby 73′).

Pelatih: Dragan Djukanovic.

Sriwijaya FC: (4-2-3-1)

Teja Paku Alam (PG), Fachrudin Aryanto, Mauricio Maciel, Supardi Nasir (K), Ichsan Kurniawan, Yu Hyunkoo, Zalnando (Wildansyah 65′), Airlangga Sutjipto (Eka Ramdani 74′), Alberto Goncalves, Hilton Moriera, Taolohu Abdul Musafri (Yohanis Nabar 53′).

Pelatih: Widodo C. Putro.