Kukuhkan Siswa Baru, SMAN 1 Rintis Program Pendidikan Keluarga

IMG-20160827-WA0005Palembang – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA N) 1 Palembang menggelar pengukuhan siswa kelas X tahun ajaran 2016/2017 di lapangan basket SMA N 1, Sabtu (27/08).

Pengukuhan siswa ini bagian dari implementasi kurikulum 2013 atau K13 dan program pendidikan keluarga dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI).

Kepala SMA N 1 Palembang Nasrul Bani mengatakan, pihaknya sekarang sedang mencoba untuk mengombinasikan acara pengukuhan siswa baru dengan kegiatan pendekatan intensif guru, siswa dan walisiswa yang sesuai dengan program pendidikan keluarga.

“Berangkat itu, SMA N 1 adalah sekolah pertama yang melangsungkan pengukuhan dan mengundang seluruh walisiswa kelas X untuk menerapkan program pendidikan keluarga,” kata Nasrul kepada Korankito ketika dijumpai di ruang kerjanya yang ditemani Ketua Komite Sofyan Hasan dan wakilnya Ahmad Toher.

Menurutnya, saat ini baru kelas X saja yang walinya diundang ke sekolah untuk lebih mengenalkan diri dengan pihak sekolah terutama dengan walikelas. Nantinya, akan diprogramkan adanya kegiatan tukar pendapat antara pihak sekolah dan walisiswa. \

“Tujuannya supaya terjamin hubungan yang baik dengan orangtua siswa. Kalau ini kurang efektif, nanti untuk kelas XI dan XII akan lebih kita tekankan agar orangtuanya wajib hadir. Target kita harus berhasil. Intinya menjalin hubungan yang erat seperti yang terkandung dalam program pendidikan keluarga. Dan akan kita usahakan 3 kali setahun untuk pertemuan baik dari kelas X hingga kelas XII,” tegas dia.

Salah seorang walisiswa kelas X, MB Arief Muslim menyambut baik adanya  pengukuhan siswa  sekaligus mengundang para orangtua. Menurutnya, dengan kegiatan seperti ini akan terjalin hubungan yang harmonis antara pihak sekolah dan orangtua siswa.

“Kedua belah pihak baik itu pihak sekolah maupun walisiswa  bisa bersama-sama memantau perkembangan anak atau siswa dalam kegiatan belajar.  Dan, yang paling penting dengan adanya hubungan yang baik apa pun persoalan siswa dalam kegiatan belajar bisa segera terdeteksi dan teratasi. Saya sendiri mendukung program pendidikan keluarga ini yang digelar SMAn 1 ini,” ujar Arief.korankito.com/ejak