Bisa Dipercaya

Aswari Ajak Warga Jangan Bakar Lahan

P_20160825_135318Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menko PMK, Mendagri, Kepala BNPB, Kepala BMKG, menggelar video konferen dengan Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rivai SE, Kapolres Lahat AKBP Rantau Isnur Eka SIK, 22 camat, Kapolsek, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, BLH, BPBD dan pihak terkait, Kamis (25/8). Dalam video konferen ini membahas kebakaran hutan dan lahan.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan mengenai dinamika kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Menurutnya, perlu pencegahan penanggulangan dan rehabilitasi mengenai Karhutla secara maksimal. “Presiden meminta Kapolri, Kapolda membuat perencanaan. Membentuk tim terpadu, terdiri dari Basarnas, pemerintah setempat, melibatkan masyarakat, Polri, BPBD, dan BMKG,” paparnya.

Selanjutnya, Satgas Karhutla untuk kedelapan Provinsi yang menjadi prioritas, saat ini paling banyak Provinsi Kalimantan Barat paling banyak hotspot ada 61.

Berita Sejenis
1 daripada 3.098

“Untuk penanggulangan Karhutla, dilakukan mitigasi dengan kanal sekat permanen, dan melibatkan pemberdayaan masyarakat yang maksimal,” tegasnya.

Bupati Aswari sendiri mengungkapkan dirinya sendiri antusias mengajak masyarakat melakukan penanaman lahan tidur. “Keras kita melarang masyarakat untuk melakukan pembakaran lahan. Dan kita berharap masyarakat juga ikut mendukung hal ini,” jelasnya.

Sementara Kapolres Lahat Rantau Isnur Eka mengatakanhal yang hampir sama dalam menangani Karhutla. “Dibentuk satgas yang menyeluruh dan preventif dalam penanganan Karhutla,” paparnya.rika