Tiga Tersangka Pencuri CPU di Dor Petugas

IMG_9081

Palembang – Tiga orang pelaku yakni Sarwani (45), Wirham (39) dan Mansur (30) warga Talang Sulit Sungai Menang Kabupaten OKI ini terpaksa dihadiahi oleh timah panas oleh petugas, setelah mereka berupaya kabur usai melakukan pencurian komponen alat berat berupa CPU.

Ketiga tersangka, ditangkap aparat saat mereka akan menjual komponen alat berat hasil curian mereka karena memang harganya terbilang cukup mahal dipasaran.

Namun, belum sempat menikmati hasil curian, dan ketika baru tiba di Palembang dan bermaksud untuk menjualnya mereka langsung ditangkap anggota Subdit III Unit IV Ditreskrimum Polda Sumsel pimpinan Kompol Zainuri. Di Jalan KH Wahid Hasyim depan Hotel Surya SU I Palembang, Senin (22/8) pukul 20:00 WIB. Dari penangkapan ketiganya, diamankan komponen CPU alat berat senilai Rp 70 juta.

“Waktu itu, kami mencuri komponen alat berat ini, merusak pintu alat berat yang ditinggal. Setelah dirusak pintu, kami membutuhkan 4 jam untuk membongkar komponen cpu alat berat itu. Karena memang, cuma alat itu yang bisa diambil dan kami pikir dipastikan mahal kalau dijual,” ujar Mansur saat diamankan di Mapolda Sumsel, Selasa (23/8).

Selain itu, ia juga menuturkan jika, mereka nekat melakukan hal tersebut lantaran sudah diajari berdasarkan petunjuk arah dari Anang dan Mul (DPO) yang ikut membongkar cpu alat berat ini, mereka merencanakan mencuri komponen alat berat yang ditinggal di Desa Talang Rimba Kecamatan Cengal OKI, Jumat (19/8) pukul 03:00 WIB lalu.

Sedangkan Wirham warga SP 1 Sungai menang, dirinya hanya bertugas untuk menawarkan ke pembeli seharga Rp 12.5 juta. Dari penjualan cpu alat berat, rencananya ia akan menddapat jatah Rp 5 juta.

“Tahu aku kalau itu barang curian. Karena upahnya yang besar, jadi aku mau mencarikan pembeli kompnen itu,” ujar sopir travel ini.

Dir Ditreskrimum Polda Sumsel, Kombes Daniel Tahi Monang menjelaskan, jika tersangka memang sudah menjadi target operasi oleh petugas, saat mendapati informasi jika tersangka akan ke Palembang, pihaknya langsung menangkap ketiga tersangka yang saat itu hendak menjual hasial curian tersebut.

“ketiga tersangka kita amankan, dan terpaksa kita tindak tegas karena berusaha kabur dari kejaran petugas. barang bukti juga kita amankan di Polda Sumsel. Saat ini ketiga tersangka akan diancam Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan,” pungkas silitonga. (korankito.com/kardo).