Tiga SKPD Pemkot Bakal Di Lebur

kantor-walikota

Palembang – Wacana perampingan terhadap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) disejumlah daerah di Indonesia nampaknya akan segera di laksanakan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Setidaknya ada beberapa SKPD yang di pastikan akan di lebur karena dinilai tidak bisa berdiri sendiri.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian (Kabag) Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, Vivi Novitriani. Menurutnya, perampingan ketiga SKPD ini karena memang tugas atau fungsinya bisa dikerjakan dalam satu SKPD saja.

“Ketiga SKPD tersebut diantaranya, Dinas Kebersihan Kota (DKK), Dinas Tata Kota dan
Dinas Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan, dan Pemakaman (DPJPP). Karena memang tugas atau fungsinya bisa dikerjakan dalam satu SKPD saja,” ungkapnya.

Vivi menerangkan, Penataan ini merupakan hasil dari pemetaan urusan yang telah divalidasi oleh direktorat jenderal otonomoi daerah (Dirjen Otda) dan dirjen pembangunan daerah serta kementerian di lembaga tingkat pusat.

“Ketiga SKPD ini bukan hilang tapi kemungkinan akan di akomodir oleh Dinas PU dan tata ruang perumahan dan pengawasan pemukiman. Ini belum raperda, masih di garap dan akan dibahas secara mendalam nanti di bulan September. Semua SKPD akan di undang untuk pemantapan organisasi perangkat daerah sesuai peraturan pemerintah (PP) 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah,” terangnya.

Menurutnya, dengan adanya perampingan beberapa jumlah SKPD tersebut, diharapkan
kinerja dalam sistem pemerintahan dapat lebih efektif. “Dengan adanya penataan ini kedepan diharapkan Efektifitasnya dari suatu organisasi nantinya meningkat dan lebih efektif,” katanya.

Dilain tempat, Kabag Hubungan Masyarakat (Humas) Pemkot Palembang Akhmad Mustain menjelaskan, ada beberapa dinas yang dileburkan namun disisi lain ada juga yang akan di bentuk menjadi dinas baru, seperti Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) kemungkinan akan di bagi dua, dimana urusan pemuda olahraga menjadi urusan tersendiri.

“Jumlah eselon II dilingkungan Pemkot Palembang tidak akan berkurang dengan adanya perampingan beberapa jumlah SKPD tersebut, malah cenderung akan bertambah karena ada juga beberapa SKPD yang akan di pecah menjadi dua, seperti Disdikpora kemungkinan akan di bagi dua, dimana urusan pemuda olahraga menjadi urusan tersendiri nantinya,” jelasnya.

Menurut Mustain, hal ini harus segera dilakukan karena akhir tahun ini pemerintah
menargetkan hal tersebut sudah selesai mulai berjalan. “Harus segera dilakukan karena targetnya akhir tahun ini semua sudah selesai, sekarang kajian akademik sedang di lakukan. Dengan adanya ini nanti anggaran jadi akan lebih tepat sasaran dan efisien,”tukasnya. (korankito.com/ria)