Terminal AAL-Karyajaya Dikelola Pusat

Harobin-Mustafa

Palembang – Dua terminal type A  yang ada di Kota Palembang, yakni Terminal Karyajaya dan Terminal Alang-alang Lebar (AAL), Selasa (23/8) kemarin resmi diserahkan ke pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan RI. Dengan diserahkannya dua terminal type A ini, maka terminal AAL dan Karyajaya akan dikelola langsung oleh pusat.

Hal ini diungkapkan Sekda Kota Palembang, Drs H Harobin Mustafa Msi. “Sekda ini sebagai ketua pengelola barang dan aset, jadi harus datang dan tidak bisa diwakilkan. Karena ini sebagai aset harus diserahkan langsung kepada pusat. Yang tidak boleh pergi keluar daerah itu, kalau tidak ada relevansi dengan tugas,” kata Harobin.

Diakui Harobin, di hari pertamanya bertugas sebagai Sekda Kota Palembang, dia harus langsung ke luar daerah dalam hal ini Jakarta, karena untuk penandatanganan ini tidak boleh diwakilkan.

“Saya berangkat bersama Sekda Propinsi Sumsel, Mukti Sulaiman. Kalau tidak diserahkan hari ini (kemarin, red) Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) akan ditunda dari pusat. Tapi, setelah penandatanganan selesai, saya langsung pulang ke Palembang tidak menginap. Karena, besok (hari ini, red) sudah menunggu banyak pekerjaan,” bebernya.

Dengan dikelolanya dua terminal type A ini, sambung dia, diharapkan nanti pengelolaan terminal AAL dan Karyajaya akan lebih maksimal. “Jadi Dishub Kota Palembang akan lebih fokus untuk mengelola terminal type C. Memang ini akan mempengaruhi pendapatan daerah, tapi ini harusnya bisa memotivasi daerah untuk menggali potensi retribusi lain,” pungkasnya. (korankito.com/ria)