Aswari Serahkan Beasiswa untuk 190 Pelajar

Foto Bersama - Bupati Lahar Aswari Rivai didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat Sutoko usai memberikan bea siswa kepada Siswa-Siswi berprestasi di Gedung Serbaguna SMK Negeri 1 Lahat, Selasa (23/8).

Lahat – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat terus berkomitmen memajukan pendidikan di Bumi Seganti Setungguan dengan cerdas, berkarakter, dan terdepan lewat program peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang prima serta fasilitas infrastruktur yang mumpuni.

Bupati Lahat, H Aswari Riva’i berjanji akan memegang komitmen itu agar SDM di Lahat menjadi yang terbaik, terdepan dalam mengelola sumber daya alam (SDA) yang berlimpah di ‘negeri Bukit Serelo’. ‘’Saya mengapresiasi jajaran Dinas Pendidikan Lahat yang memegang teguh komitmen itu dengan berbagai programnya,’’ ujar Kak Wari – sapaan akrab sang Bupati—dalam acara penyerahan beasiswa kepada pelajar berprestasi di Lahat, Selasa (23/8).

Menurutnya, pemberian beasiswa untuk putra-putra terbaik tersebut akan terus berlanjut dan yakin SDM Lahat menjadi unggul asal terus mendapat perhatian penuh dari pemerintah, pihak swasta serta pihak sekolah. “Ini komitmen kita dalam memajukan dunia pendidikan. Itu harus lebih baik lagi baik dalam memberi support, untuk masyarakat Kabupaten Lahat yang berprestasi,” ujar Aswari dihadapan ratusan pelajar serta seluruh stakeholder pendidikan Lahat.

Seperti diketahui, komitmen Pemkab Lahat kali ini menghadirkan 190 pelajar SMA dan SMK serta empat mahasiswa berprestasi di aula SMKN 1 untuk mendapatkan bantuan pendidikan. Mereka itu terdiri dari, 100 pelajar SMA, 80 siswa SMK dan 10 anak didik yang telah menorehkan prestasi minimal juara 1 tingkat provinsi yang masing-masing mengantongi Rp1 juta. Kemudian empat mahasiswa lainnya masing-masing mendapat gelontoran biaya pendidikan sebesar Rp90 juta untuk tiga tahun atau dibayarkan Rp30 juta per tahun.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Lahat, Sutoko, pemberian beasiswa ini merupakan wujud nyata pemimpin Kabupaten Lahat untuk memajukan SDM lokal. Hal ini dimulai dari ketika Bupati Aswari Riva’i pertama memimpin Bumi Seganti Setungguan pada 2008. ‘’Itu merupakan komitmen Bupati Lahat dalam memajukan SDM lokal di Lahat. Kita berharap SDM lokal itu mampu berbicara banyak di tingkat yang lebih tinggi,” ujarnya kepada Koran Kito.

Selain itu, tambahnya, pemberian beasiswa tersebut diharapkan dapat memberikan semangat kompetitif di kalangan siswa. Sebab jika diberi motivasi yang demikian, mereka akan saling bersaing untuk berprestasi agar mendapatkan beasiswa seperti rekan-rekannya yang telah menerima lebih dulu. “Ini akan menjadi pemicu bagi mereka yang belum mendapatkan beasiswa. Jadi, akan timbul semangat bersaing dan menyebabkan kualitas SDM kita meningkat,” tuturnya, dalam acara yang juga dihadiri pimpinan perwakilan Bank SumselBabel,  jajaran Dinas Pendidikan Lahat, puluhan anggota Persatuan Guru Republik Indonesia dan tokoh masyarakat maupun stakeholder pendidikan lainnya. (korankito.com/resha)