Bisa Dipercaya

SMKN 6 Satu-Satunya Sekolah Kejuruan Kecantikan di Palembang

IMG-20160822-WA0018

Palembang – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Palembang adalah satu-satunya sekolah di kota Palembang yang memiliki jurusan kecantikan. Salah satu guru kecantikan SMKN 6 Lusi Ernawati Sophia mengatakan, jurusan kecantikan tersebut terbagi dua, yakni kelas perawatan rambut dan kelas perwatan kulit. Dikatakan, jurusan kecantikan ini sudah berdiri puluhan tahun.  Salah satu syarat yang harus dimiliki oleh calon siswa yakni tinggi badan.

“Dari tahun 90an jurusan ini sudah ada. Selain nilai akedemik, poin penting untuk masuk ke jurusan ini yakni penampilan dan juga tinggi badan, minimal 155cm untuk siswi. Karena mereka juga harus disesuaikan dengan alat prakteknya yang berukuran besar,” jelas Lusi kepada Koran kito di ruang praktek jurusan kecantikan SMKN 6 Palembang, Senin (22/08).

Berita Sejenis
1 daripada 3.075

Untuk tahun ini, lanjutnya, jumlah siswa jurusan kecantikan mencapai 74 orang. Dan untuk kelas tata rambut, para siswi tersebut akan diajarkan cara menata rambut, sanggul, keriting, creambath dan lainnya yang berkaitan dengan rambut.

“Untuk kelas kecantikan kulit sebanyak 34 siswi dan kelas perawatan rambut ada 30 siswi. Saat ini kita terima yang siswa yang perempuan dulu. Sedangkan, untuk kelas kecantikan kulit, mereka akan belajar cara make up, facial, lulur dan sebagainya,” kata dia.

Menurut pengakuan Lusi, setiap siswi disini juga sering diminta oleh perusahaan yang bergerak di bidang tata rias, baik sebagai peserta magang ataupun rekrutmen karyawan.

Mengenai jadwal praktek tiap kelas, untuk kelas X dalam seminggu mereka praktek selama lima jam, dan bagi kelas XI bisa 2-3 kali praktek dalam seminggu.

Sementara itu, salah satu siswi kelas tata rambut SMKN 6 Intan Saputri mengatakan, alasannya kalau mengambil jurusan tata rambut, peluang kerjanya jauh lebih baik.

“Kalau sudah lulus dari sini bisa buka salon, dan itu berarti kita menciptakan lapangan pekerjaan. Dan orang tua pun mendukung”, pungkasnya. (korankito.com/eja)