Mahasiswa PPL Unsri Mendapat Arahan Cara Mengajar

 

IMG_20160822_090237_AO_HDR_1471839736033Palembang-Sebanyak 12 mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Mesin Unsri yang praktik pengalaman lapangan (PPL) di sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) Sumsel, mendapat arahan langsung dari kepala sekolah.

Selama dua bulan, para mahasiswa ini akan mendapat pengalaman langsung terjun ke dunia mengajar. Mereka tergabung dalam 1 grup yang akan dibina langsung oleh seorang guru pamong dari SMKN Sumsel yang berkompeten.

Kepala SMKN Sumsel Rafli mengatakan, pihaknya dengan senang hati menerima dan membimbing mahasiswa yang akan melaksanakan PPL di tempatnya. Pihaknya akan membimbing 12 mahasiswa Unsri ini untuk mendapatkan pengalaman lapangan, dimulai dari teknik penyusunan perangkat mengajar maupun teknik cara mengajar.

“Hari ini kita berikan pengarahan dan pembagian tugas di SMKN Sumsel. Ada program yang harus mereka lakukan, seperti menyusun rancangan perangkat pembelajaran (RPP), observasi dan orientasi, pelatihan terbimbing, pelatihan mandiri dan ujian praktek mngajar selama 8 minggu,” terang Rafli usai memberikan arahan kepada mahasiswa PPL Unsri di SMKN Sumsel, Senin (22/08).

Untuk penilaian menggunakan format penilaian. Lanjutnya, dengan instrumen penilaian kemampuan guru yang diuji oleh guru pamong dan membuat laporan selama pelatihan atau PPL. Setiap laporan mahasiswa akan diperiksa oleh guru pamong dan dosen pembimbing.

“Mereka diajarkan rumus memberikan penilaian terhadap siswa yang mereka ajari, tapi penilaiannya masih dipegang oleh guru yang mengajarnya. Jadi mereka hanya sebatas proses kegiatan belajar mengajar dari pukul 08.00 – 16.00 dan kegiatan ini berakhir pada tanggal 28 September 2016,” pungkasnya.ejak