Aswari Bersama Petani Panen Raya

IMG-20160822-WA0022

Lahat – Masyarakat Desa Nantal, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat menggelar panen raya ribuan ton padi yang dilakukan Bupati Aswari, unsur muspida serta kelompok tani setempat, Senin (22/8).

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Lahat, H. Hapid Padli mengungkapkan, panen kali ini telah melampaui target 5,30 ton padi per hektare (ha). ‘’Alahamdulillah kita telah berhasil mendapatkan 6,52 ton padi per ha. Ini sebuah hasil yang sangat bagus berkat kerjasama semua pihak khususnya kelompok tani,’’ ujarnya dalam laporan panen raya itu.

Hapid juga mengungkapkan, tahun-tahun berikutnya akan ditingkatkan kembali apalagi panen di daerah ini mampu dilakukan tiga kali per tahun. ‘’Padahal biasanya dua kali dalam setahun,’’ paparnya di hadapan Bupati dan Muspida Lahat yang hadir dalam acara tersebut.

Sementara itu, Bupati Lahat H. Aswari Riva’i, menyampaikan, mengucapkan terima kasih kepada pihak menyelenggara yang mana telah menggelar acara panen raya ini dan meminta kepada Dinas TPH Kabupaten Lahat, agar dapat terus memperjuangkan sektor pertanian. “Saya mengucapkan selamat petani dan pihak Dinas TPH Lahat yang telah bekerja sama dalam rangka panen raya yang telah menghasilkan ribuan ton padi ini,’’ kata Aswari yang didampingi Ketua DPRD Kabupaten Lahat, Dandim 0405, Kaporles Lahat, Ibu Ketua Tim PKK Kabupaten Lahat, beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) lainnya dan SKPD Kabupaten Lahat.

Bupati juga berjanji, kalau hasil panen yang terus meningkat perlu dipikirkan adanya gudang beras, apalagi daerah ini mampu panen tiga kali per tahun. ‘’Saya berharap program ini terus dikembangkan dan diperlukan pula kerjasama dengan Bulog sehingga harga padi ditingkat petani dapat stabil dan jadikanlah percontohan bagi masyarakat,’’ paparnya.

Bupati Lahat juga mengungkapkan, Kabupaten Lahat dikenal sebagai sentra pajale (padi, jagung dan kedelai) maka dengan masa panen yang lebih banyak akan mendapat hasil maksimal serta target swasembada pangan tiga tahun kedepan bisa benar-benar terwujud,” ujar Aswari.

Berarti bukan mustahil, tambah Aswari, sektor pertanian menjadikan Lahat lumbung beras lewat sinergi seluruh stakeholder bidang pertanian. (korankito.com/rika)