Bisa Dipercaya

180 Pelajar SMA Dapat Beasiswa Diknas Lahat

 

Beasiswa Diknas LahatPalembang-Sebanyak 180 pelajar sekolah menengah atas (SMA) dari 22 kecamatan serta tiga mahasiswa mendapat beasiswa dari Pemkab Lahat melalui Dinas Pendidikan setempat. Para pelajar tersebut mendapatkan uang pendidikan sebesar Rp1 juta per orang per bulan sedangkan untuk mahasiswa diberikan biaya kuliah Rp30 juta per mahasiswa. Bantuan akan diserahkan langsung oleh Bupati Lahat, H Aswari Riva’i dalam sebuah acara di STMN Lahat, Selasa (23/8).

Menurut Kepala Diknas lahat, Sutoko pemberian beasiswa akan dilakukan Bupati Lahat sebagai bentuk kepedulian Pemkab Lahat kepada generasi muda khususnya para pelajar yang berprestasi. ‘’Selain pemberian beasiswa, Bupati juga akan menyerahkan piagam untuk siswa berprestasi tingkat provinsi asal Lahat sekaligus melepas siswa itu untuk berlaga di tingkat nasional,’’ ujar Sutoko, kepada Koran Kito, Ahad (21/8).

Berita Sejenis

Mainkan Ponsel, Pramono Diduga Tersambar Petir

Novan Setya Datang, SFC Juga Boyong Dzumafo

Moral Milik Pendidik

1 daripada 3.102

Ia menjelaskan, ada tiga mahasiswa asal Lahat yang akan mengenyam pendidikan di Universtas Sriwijaya (Unsri), Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). ‘’Mereka itu merupakan mahasiswa kemitraan berprestasi asal Lahat,’’ tambahnya, sembari menyebutkan acara yang akan digelar di STMN Lahat itu disaksikan seluruh kepala sekolah SD hingga SMA serta pejabat di Diknas maupun para wali siswa.

Sedangkan 180 pelajar yang berasal dari seluruh kecamatan di Lahat, papar Sutoko, adalah pelajar berprestasi yang telah diseleksi tim dari Diknas. ‘’Sebetulnya masih banyak pelajar di Bumi Seganti Setungguan ini yang berprestasi, tetapi kebetulan tahap ini kita pilih 180 orang dengan berbagai kriteria.

Sementara itu, Bupati Lahat, H Aswari Riva’i mengemukakan, dirinya mendukung berbagai program yang digulirkan Diknas Lahat termasuk pemberian beasiswa pelajar dan mahasiswa berprestasi. ‘’Melalui wadah pendidikan diharapkan potensi siswa akan berkembang optimal sehingga kedepan membawa nama Lahat baik tingkat provinsi maupun nasional kedepan. Untuk itu peran pemerintah menjadi sangat penting dalam memberikan motivasi bagi para pelajar termasuk pula menyediakan sarana dan prasarana yang nyaman untuk belajar,’’ paparnya.

Aswari juga menyampaikan, gagasan menggali potensi sumber daya manusia sejak dini juga tidak dilupakan tentang pendidikan budi pekerti dan karakter.

Seperti diketahui, dalam rangka menuju Lahat Bangkit 2018, Diknas terus melakukan inovasi pendidikan yakni cerdas, berkarakter dan trampil. Lewat sejumlah langkah, pertama, pembinaan kinerja kepala sekolah. Seorang  kepala sekolah wajib memiliki kompetensi yang layak dan memiliki kemampuan berinovasi sehingga mampu melakukan terobosan untuk mencapai target pendidikan yang lebih baik. Kedua, membentuk Aparatur Suvervisi Internal Dinas (ASID). Tim ini diberi tugas untuk mengawasi dan mensuvervisi kinerja kepala sekolah (audit kinerja) sehingg diharapkan kinerja kepala sekolah dapat terus menerus termonitor apakah terget pendidikan yng diharapkan tercapai atau tidak. Ketiga pelatihan dewan guru, bagaimanapun hebatnya program yang canangkan oleh kepala sekolah tanpa didukung oleh dewan guru yang memiliki SDM andal maka target yang diharapkan tidak mungkin akan maksimal. Oleh karna itu pelatihan dewan guru mata pelajaran tetap menjadi program prioritas untuk dilaksanakan. (Hasjim)