Dua Hektar Lahan di Kertapati Terbakar

IMG_20160819_185628Palembang-Kebakaran lahan kembali terjadi. Kali ini kebakaran terjadi di Jalan Srijaya Raya, Km14, RT15/06, Kelurahan Karya Jaya, Kecamatan Kertapati, Palembang, Jumat (19/8) siang. Setidaknya, kebakaran tersebut menghabiskan 2 hektar lahan yang dipenuhi taman belukar dan ilalang.

Beruntung, kebakaran yang terjadi di belakang Kantor Camat Kertapati ini tidak meluas merambah lahan lainnya. Lantaran, masyarakat, polisi, anggota BNPB, plus empat buah mobil dinas pemadam kebakaran datang ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Kabag Ops Polresta Palembang, Kompol Andi Kumara didamping Kapolsek Kertapati, Iptu Deli Harris mengatakan, kejadian tersebut diketahui pihaknya setelah warga bernama A Rafik melaporkan kebakaran lahan di belakang kantor Camat Kertapati.

Mendapat laporan tersebut, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan Kertapati serta Kelurahan Karya Jaya. “Jadi, anggota kita bersama warga langsung turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk memadamkan kobaran api itu. Tidak lama berselang, empat mobil anggota pemadam kebakaran datang membantu memadamkan api,” ujarnya ketika dikonfirmasi.

Andi menambahkan, sebagaian besar lahan yang terbakar merupakan lahan kosong milik Pemerintah Kota Palembang. Selain itu, sebagian milik masyarakat yang berada di lokasi tersebut.

“Menurut ketua RT setempat, sebagian lahan tersebut merupakan lahan warga yang sudah ditinggali hampir 20 tahun, dan pemilik tanah atas nama Ali Adenan dan Sani sudah pindah ke kawasan 7 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I,” katanya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun atas peristiwa ini menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat. Menurut Deli, sampai saat ini, pihaknya tengah melakukan penyelidikan guna mengetahui penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan terulang, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait, serta mengimbau masyarakat tentang bahaya kebakaran lahan. “Jika ada masyarakat yang mengetahui kejadinya kebakaran lahan, agar segera melapor ke kita,” tegasnya.korankito.com.deny