Bisa Dipercaya

Curi Kotak Amal Mushola, Hendra Diciduk Polisi 

IMG_20160818_122709

Palembang – Lantaran nekat mencuri di dalam Musholah Habib Ahmad B Hasan Al Habsi, Jalan KH Azhari, Lorong BBC, Kelurahan 12 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) II Palembang, membuat Hendra Darusman (35) harus merasakan dinginnya balik jeruji besi Mapolsekta SU II Palembang.

Tertangkapnya, tersangka yang tinggal dikawasan Jalan Simanjuntak, Lorong Bengkel Otong, Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Kemuning, Palembang. Setelah, Unit Satreskrim Polsekta SU, melihat rekaman CCTV yang terpasang di dalam Musholla tersebut.

Berita Sejenis

Meilia : Utamakan Penunjang Akademik Mahasiswa

Innalillahi, Kepala DPMDP3A Empatlawang Tutup Usia

Aline Adita Umumkan Tanggal Pernikahan

1 daripada 3.099

Dari situlah, anggota Satreskrim Polsekta SU II pimpinan AKP Suldani melakukan penangkap tersangka Hendra, yang sedang berada di dalam rumahnya, Rabu (17/8) sekitar pukul 18:00 WIB. Tanpa perlawanan, pelaku pun digelandang ke Mapolsekta SU II Palembang.

“Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, kita langsung melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan memeriksa CCTV yang berada di dalam Mushola, serta berhasil menangkap tersangka Hendra,” ujar Kabag Ops Polresta Palembang, Kompol Andi Kumara, ketika dimintai konfirmasi, Kamis (18/8) siang.

Lanjutnya, dari tangan tersangka, pihaknya mengamankan sebuah kotak amal milik Musholla Habib Ahmad B Hasan Al Habsi. Pelaku sendiri, akan dikenakan Pasal 362 KUHP dengan ancaman kurungan 7 tahun penjara.

“Kita terus melakukan pengembangan terhadap tersangka, guna mencari korban-korban lainnya. Selain itu, kita juga sedang mencari mesin pompa air merk Shimizu, yang sudah di jual oleh tersangka Hendra,” ujarnya, didampingi Kanit Reskrim Polsekta SU II, AKP Suldani.

Berdasarkan data yang dihimpun, aksi pencurian yang dilakukan oleh tersangka ini, berawal pada hari Kamis, (11/8) sekitar pukul 15:00 WIB. Dimana, saat keluar dari rumah, Hendra memang sudah berniat untuk melancarkan aksinya di Musholla tersebut.

Setibanya, di tempat yang menjadi target operasi, lantas pelaku Hendra langsung masuk kedalam dan mengambil satu unit mesin pompa air merk Shimizu dan celengan Musholla yang berisikan uang sebesar Rp 500 ribu. Kotak amal tersebut, dimasukan ke dalam kantong plastik hitam, lalu pelaku pun kabur.

Sementara itu, tersangka Hendra mengakui perbuatannya. Menurutnya, mesin pompa air yang dicuri dari dalam musholla sudah di jualnya di Pasar Cinde, Kecamatan Ilir Timur (IT) I Palembang. “Uangnya sudah habis pak, dibelanjakan untuk kebutuhan sehari-hari,” jawabnya singkat.

Dihari yang sama, Polsekta SU II Palembang, mengamankan satu tersangka yang hendak melakukan pencurian di rumah kos milik, Reza Pahlevi (23) serorang mahasiswa yang tinggal dk kawasan Jalan Ahmad Yani, Lorong Dua Saudara, RT 30, RW 06, Kelurahan 13 Ulu, Kecamatan SU II Palembang.

Tersangka Dermawan (24) warga Jalan Tembok Baru, Lorong Rawa II, Kelurahan 11 Ulu, Kecamatan SU Palembang, diamankan setelah ditangkap terlebih dahulu oleh warga yang mengetahui aksinya. Tak pelak, tersangka pun harus dihujani bogem mentah oleh warga yang kesal dengan perbuatannya.

Beruntung, pelaku cepat diamankan anggota kepolisian SU II yang sedang melakuan patroli keliling. Berdasarkan data yang didapat, pelaku bersama temannya Husen mendatangi rumah kos Reza untuk mencuri. Setibanya, didepan rumah pelapor, pelaku mendekati jendela kaca nako, dengan tangan kanan hendak membuka jendela tersebut.

Sementara, pelaku Husen, duduk di atas motor sembari mengawasi keadaan sekitar. Namun, saat membuka jendela kaca, pemilik rumah mengetahui perbuatan pelaku, lantas langsung menjerit, sehingga mengundang perhatian warga. Melihat banyak warga yang datang, pelaku Husen kabur meninggalkan Dermawan.

“Untuk pelaku dermawan, sudah kita amankan di Polsekta SU II Palembang, guna mempertanggung jawabkan perbuatannya. Pelaku, sedang menjalani pemeriksaan,” ujar Andi Kumara. (korankito.com/denny)