Walikota Sudah Kantongi Tiga Nama Calon Sekda, Akhir Agustus Akan Diumumkan

kantor-walikota
Palembang – Walikota Palembang Harnojoyo melalui Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkot Palembang, Akhmad Mustain mengatakan, walikota sudah menerima tiga nama calon sekda yang telah diserahkan oleh tim Pansel. Namun sayangnya, pihaknya belum dapat menyebutkan tiga nama yang berhasil lulus tersebut.
“Ketiga nama itu ada pada pak wali yang diserahkan oleh Pansel tadi, tapi saya belum mengetahui nama-namanya,” katanya saat dihubungi, Kamis (18/8).
Mustain menjelaskan bisa dipastikan akhir Agustus ini posisi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) sudah diberikan kepada satu diantara tiga nama yang saat ini sudah dikantongi Walikota Palembang Harnojoyo.
Walikota sempat menurunkan grade persyaratan agar Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan IV B bisa mengikuti seleksi dari sebelumnya yang harus dari golongan IV C. Orang nomor satu di Kota Palembang ini beralasan semua pejabat eselon II layak menjadi sekda.  “Hanya nantinya harus dipilih salah satu nama yang memang layak menjadi Sekda,” jelasnya.
Setelah menerima ketiga nama tersebut, dalam waktu dekat walikota akan melakukan konsultasi dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin terkait calon Sekda Palembang. “Dipastikan pada akhir Agustus ini posisi sekda sudah diumumkan,” ujarnya.
Sementara itu Ketua Tim Pansel Lelang Sekda Kota Palembang, Mukti Sulaiman mengatakan, pihaknya telah menyerahkan tiga nama calon sekda kepada Walikota Palembang. Ketiga nama ini muncul setelah melakukan tahap tes seleksi lelang untuk jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota yang terakhir yakni Focus Group Discussion (FGD) pada 15-16 Agustus dan melakukan penilaian. Dan akhirnya tim Panitia Seleksi (Pansel) mengantongi tiga nama dari enam nama hasil seleksi sebelumnya.
“Tadi pagi sekitar pukul 10.00, kita sudah menyerahkan tiga nama itu,” katanya.
Ia mengatakan dari hasil tes tersebut tiga nama yang mendapatkan nilai tertinggi inilah yang diberikan kepada Walikota Palembang yang akan dipilih. Dari keenam calon sekda ini mendapatkan nilai yang bervariasi, hanya saja tidak ada yang mendapatkan nilai 100. “Nilai nya mendekati 100. Yakni memiliki nilai tertinggi 90, ada 80 dan 70,” ujarnya.
Meski sudah ada tiga nama tersebut, namun tim Pansel enggan menyebutkan nama-nama dari ketiga orang yang lolos dalam seleksi lelang Sekda. “Hal ini bukan kewenangan Pansel untuk menginformasikan pada pihak lain selain Walikota, nantinya jika Walikota berkenan, ia akan menginformasikan sendiri termasuk pada media,” tukasnya.
Ia berharap Agustus ini, sekda dapat dipilih dan segera dilantik dengan segera untuk mendampingi Walikota Palembang menjalankan roda pemerintahan Kota Palembang kedepannya.(korankito.com/ria)