Bisa Dipercaya

SMAN 3 Gelar Lomba Hafal Pancasila Untuk Tukang Becak

IMG_1142

Palembang – Dalam menyemarakkan HUT kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-71 dan HUT ke-55-nya, SMAN 3 Palembang, menggelar lomba hafal Pancasila bagi tukang becak di seputaran lingkungan sekolahnya.

Rangkaian kegiatan lomba sudah dimulai sejak senin (15/08) lalu, dan lomba yang paling unik adalah lomba hafal Pancasila bagi tukang becak di lingkungan sekolah menengah atas negeri (SMAN) 3 Palembang. Sedangkan puncak acaranya adalah kegiatan jalan santai dan pembagian doorprise sebuah sepeda motor bagi siswa dan tenaga pendidik di SMAN 3 tersebut. Acara ini juga diramaikan dengan beberapa tamu undangan dari perwakilan alumni berbagai angkatan, dimu;ai dari angkatan tahun 1973 hingga tahun 2008.

Berita Sejenis
1 daripada 3.075

“Lomba hafal Pancasila tukang becak ini diikuti oleh 12 orang tukang becak di sekitar lingkungan SMAN 3 Palembang. Semua peserta mendapatkan hadiah hiburan, dan juara 1, 2 dan 3 mendapatkan hadiah uang plus pakaian muslim,” ungkap Drs. Hj. Rusdiana, M.Si seusai memberikan hadiah kepada para pemenang di lapangan olahraga SMAN 3 Palembang, Kamis (18/08).

Selain itu, kegiatan jalan santai tadi dibuka oleh Kepala Bidang SMP/SM Dispora Palembang Lukman Haris, lanjut Rus, begitu sapaan sehari-hari orang nomor satu di SMAN 3 tersebut. Dikatakannya, tahun lalu juga pihaknya menggelar lomba menghafal Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 untuk tukang becak yang berada di lingkungan SMAN 3 tersebut. Untuk rute jalan santainya melalui simpang sekip, kamboja, jalan dwikora dan kembali ke SMAN 3.

Puncak acaranya hari ini, dikatakannya, hal ini dikarenakan bertepatan dengan ulang tahun ke-55 SMAN 3 Palembang, dimana 1172 siswa memperebutkan hadiah utamanya sebuah sepeda motor yang sudah disiapkan oleh Rus sendiri menggunakan uang pribadinya.

“Totalnya 60 juta lebih. Hadiah sepeda motornya dari uang saya pribadi, ada juga sumbangan audio sound system yang diberikan oleh Pangdam II Sriwijaya Palembang. Sedangkan hadiah lainnya adalah sumbangan dari siswa, orang tua/wali dan guru-guru,” jelas Rus lagi.

Menurut pengakuan Rus, kegiatan ini adalah rangkaian hut kemerdekaan dan ulang tahun SMAN 3. “Ini adalah perayaan pertama ulang tahun SMAN 3 Palembang dengan tema ‘Cemerlang, Gemilang dan Jaya menuju Palembang EMAS’,” pungkasnya. (korankito.com/eja)