Kelurahan Keramasan Gelar Perlombaan Bidar Mini

FOTO 2

Palembang – Perairan sungai musi di kawasan kelurahan Keramasan Kecamatan Kertapati mendadak menjadi ramai. Ribuan warga memadati kawasan tersebut untuk menyaksikan lomba bidar mini yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-71, Kamis (18/8).

Suasana semakin meriah ketika ditengah perlombaan warga dikagetkan dengan kehadiran Walikota Palembang H. Harnojoyo untuk ikut menyaksikan lomba bidar mini tersebut.

Harnojoyo langsung membaur bersama masyarakat sembari memberikan Semangat kepada para peserta lomba. Bahkan orang nomor satu di Kota Palembang tersebut ikut menaiki ketek berkeliling sungai menyaksikan lomba dari dekat sembari menyapa warga disepanjang tepian sungai. Masyarakat pun sangat senang, selain mendapat hiburan lomba bidar mini, mereka juga bisa bertemu dan bersilaturahim bersama Walikota secara langsung.

Bidar mini tidak jauh berbeda dengan bidar tradisional khas palembang pada umumnya, yang membedakannya ukurannya lebih kecil dan hanya dinahkodai tiga orang sebagai pendayung. Lomba bidar mini diikuti oleh tim perwakilan setiap RT di Kelurahan Keramasan.

Harnojoyo mengatakan lomba bidar mini ini harus terus dilestarikan, “Bidar merupakan warisan budaya leluhur kita, harus terus dilestarikan, acara seperti ini setiap tahun harus diselenggarakan, apalagi animo masyarakat sangat besar, bertepatan dengan hari kemerdekaan, momentum yang tepat, selain melestarikan budaya, peserta lomba juga menggambarkan semangat para pejuang kemerdekaan dahulu” Ujar Harnojoyo.

Untuk menambah semangat para peserta, Harnojoyo juga menyampaikan akan memberikan hadiah tambahan, dimana bagi yang meraih juara I akan diberi tambahan uang pembinaan sebesar Rp 2.500.000, juara II diberi tambahan Rp 1.500.000, juara III diberi tambahan Rp 1.000.000, dan juara IV diberi uang tambahan Rp 750.000.

Hal ini secara otomatis menambah semangat dan motivasi para peserta lomba dan mendapat apresiasi yang sangat tinggi dari seluruh masyarakat yang hadir.(korankito.com/ria)