Bisa Dipercaya

Hipnotis Korban, Rp10 Juta Melayang

 

IMG-20160813-WA0006-1-rev
Palembang- KORKIT

Sudarti (49) kena hipnotis hingga uang miliknya senilai Rp10 juta lenyap. Setelah sadar, ia pun melaporkan sang pelaku Putra Jaya (37) ke polisi.

Berita Sejenis
1 daripada 3

Wanita yang tinggal di Jalan Jogya Lebong, Siarang, RT 17/04, Kecamatan Sukarami, Palembang itu, tak pernah menyangka bakal kena hipnotis.

Awalnya, Putra Jaya, warga Perumahan Asera, Kecamatan Sako Borang, Palembang datang menemuinya. Dalam pertemuan itu, ia menawarkan dua kalung emas seberat 6 suku. Putra mengatakan dirinya sedang butuh uang karena terlilit masalah.

Entah kenapa, saat Putra bercerita, Sudarti langsung jatuh kasihan. Ia pun mengiyakan dan terbujuk untuk membeli emas tersebut senilai Rp10 juta. Belakangan baru diketahui, jika emas tersebut ternyata palsu.

Putra tidak sendirian dalam menjalankan aksinya. Ia dibantu rekannya, Herman, yang hingga kini masih dikejar polisi. Saat merayu Sudarti, Herman berpura-pura ingin membeli emas itu juga.

Di hadapan petugas, tersangka mengaku menghipnotis korban dengan cara membujuk dengan beberapa kata yang meyakinkan korban. Sehingga korban dengan mudah mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk membelu emas-nya.

“Saya cuma membujuk saja pak, itu diajarkan Herman. Setelah dapat uangnya kami bagi dua pak,” ungkap Putra saat diamankan di Mapolsek Ilir Timur (IT) l Palembang, Sabtu (13/8).

Dikatakan tersangka, apa yang dilakukannya ini bukanlah perbuatan kali pertama. Sebelumnya, ia juga pernah sukses menghipnotis orang.

Setelah mendapat laporan korban, polisi langsung membekuk tersangka di rumahnya. Di sana, polisi mengamankan empat kalung imitasi dan sejumlah surat dari toko emas.

Kabag Ops Polresta Palembang, Kompol Andi Kumara membenarkan, jika tersangka merupakan residivis dengan kasus serupa.

“Sudah kita bawa dan diproses, kita juga tengah memburu satu pelaku lagi. Anggota kita yang berada di Mapolsek IT l Palembang sudah melakukan pengejaran,” tegasnya. O kardo