Ribuan Kilo Sabu & 400 Ineks, Diblender!

PEMUSNAHAN SABU

Palembang- KORKIT

Tiada tempat buat narkoba di bumi Sriwijaya. Dalam kaitan itu, sebanyak 2,274 kilogram sabu, 400 butir ineks dan 558 botol minuman keras dimusnahkan oleh Ditres Narkoba Polda Sumsel beserta para petinggi di lapangan Mapolda Sumsel, Jumat (12/8).

Selain itu, ikut dimusnahkan barang bukti narkoba yang disita Satres Narkoba Polresta Palembang yakni 2003 butir pil ekstasi yang ternyata palsu.

Sebelum dilakukan pemusnahan oleh Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Djoko Prastowo beserta Dir Ditres Narkoba Polda Sumsel, Kombes pol Irawan David Syah dan jajaran, seluruh barang bukti narkoba dilakukan pengecekan oleh tim Labfor Polda Sumsel terlebih dahulu. Setelah dites, ternyata 2003 butir pil ekstasi dari Satres narkoba merupakan oplosan.

“ Ekstasinya mengandung obat paracetamol dan obat cacing,” ungkap Eet selaku tim Labfor Polda Sumsel, saat melakukan pengecekan.

Cara pemusnahan dilakukan dengan cara diblender, dicampur deterjen di hadapan para pengedar yang juga dihadirkan dalam pemusnahan tersebut.

Sementara itu, Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Drs Djoko Prastowo mengatakan, saat ini banyak bermunculan narkoba jenis baru yang dikamuflasekan oleh tersangka untuk mengecoh petugas. Sehingga para anggota diharapkan lebih berperan aktif untuk memerangi narkoba.

“Banyak muncul narkoba jenis baru. Dan narkoba kini semakin merasuk ke semua lapisan dan tak memandang siapa pun korbannya. Seluruh pelaku narkoba harusnya dihukum berat, ” kata kapolda.

Dijelaskan Djoko, bagi masyarakat yang keluarganya menjadi pecandu narkoba diharapkan untuk segera melapor ke Polisi ataupun BNN sehingga dapat dilakukan pemulihan.

“Kalau ada keluarganya yang jadi pecandu narkoba kami sarankan agar segera melapor, karena jika anda melapor maka anggota keluarga anda tidak akan diproses hukum melainkan akan dilakukan rehabilitasi. Nanti disembuhkan mentalnya, biayanya gratis karena ditanggung negara. Tentunya dengan assesment dulu, ” tambahnya. O kardo