Pura-pura Belanja, Jumanto Curi Celana

 

20160810_114555-rev

Palembang- KORKIT

Berdalih tak punya uang untuk bayar kontrakan rumah, Jumanto (36) nekat mencuri. Pria yang mengaku berprofesi sebagai buruh ini, menggondol tiga celana jeans dan satu kaos oblong di pusat perbelanjaan Ramayana di Palembang, Rabu (10/8).

Namun aksi Jumanto berujung sial hingga akhirnya warga Jl PSI Lorong Serengam 1 Sungai Tawar, Kecamatan IB ll Palembang ini, berhasil ditangkap satpam.

Saat melakukan aksinya, Jumanto berhasil mengelabui pandangan para penjaga. Ia membawa kantong plastik dan barkot dari rumah. Di mana kantong plastik dan barkot itu berasal dari pusat perbelanjaan tersebut.

Ia berharap, aksinya mulus. Memang untuk sementara, Jumanto bisa memperdaya para penjaga dan para pengunjung pun, tak menyangka jika dirinya mencuri. Sampai akhirnya, ia tertangkap saat melewati pintu keluar dan alarm pun berbunyi nyaring.

Seketika, para petugas keamanan perbelanjaan meringkusnya. Di hadapan petugas, Jumanto mengakui perbuatannya dengan dalih terjepit keuangan.

“Mau bayar kontrakan pak, karena saya ngga punya uang jadi saya nekat mencuri,” ungkap pelaku di Palembang, Kamis (11/8).

Kapolsek Ilir Barat (IB) l Palembang, Akp Handoko Sanjaya mengatakan pelaku diamankan sebelum jadi bulan-bulanan masyarakat.

“Setelah mendapat informasi tersebut, kita langsung datang ke lokasi dan mengamankan pelaku,” ujarnya.

Selain itu, Handoko juga mengatakan jika tersangka pernah masuk penjara lantaran pernah terlibat aksi pencurian serupa.

“Tersangka diduga spesialis tapi masih kita selidiki. saat ini tersangka akan dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman maksimal lima tahun penjara. O kardo