Bisa Dipercaya

Kurniawan : Permendagri No. 5 Tahun 2005 Tidak Dipakai lagi

774953_05141210052016_Kurniawan (1)

Palembang – Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang Kurniawan menanggapi terkait Peraturan Menteri Dalam Negeri (Pemendagri) Nomor 5 Tahun 2005, tentang aturan mengikuti seleksi pimpinan tinggi Jabatan Pratama (Jpt) yang mengharuskan PNS yang ikut seleksi minimal pernah menduduki eselon II B, 2 kali. Kurniawan mengatakan meskipun ia baru satu kali menduduki jabatan eselon II B, tidak menyurutkan niatnya untuk tetap bertarung pada seleksi lelang Sekda Palembang, karena aturan tersebut tidak berlaku.  Tim Panitia Seleksi (Pansel) dalam seleksi lelang jabatan Sekda ini   menggunakan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Jadi persoalan itu tidak ada masalah.

“Semua proses seleksi Sekda sudah dilalui beberapa tahapan, walaupun saya baru satu kali menduduki eselon II, tim Pansel tidak mempersoalkan itu, artinya Permendagri Nomor 5 Tahun 2005 tidak digunakan,”katanya, tanpa menyebutkan pasti UU Nomor berapa dan tahun berapa yang dipakai tim Pansel dalam melakukan seleksi.

Berita Sejenis
1 daripada 8

Ia menilai, tidak mungkin tim Pansel sembarangan meloloskan PNS yang mengikuti seleksi Sekda Palembang. Tentu, sudah melalui kajian khusus dan berkonsultasi dengan KASN sebagai lembaga yang mengawasi proses ini.

“Kami percaya tim Pansel. Kalau memang saya tidak boleh ikut, tentu dalam tahap administrasi tidak lolos untuk ke proses wawancara, selain saya, ada Faizal AR yang baru sekali menduduki eselon II B, kalaupun saya harus digugurkan karena aturan, saya siap menerimanya. Dari 6 orang yang lolos untuk tahapan wawancara, semua memiliki kesempatan yang sama, tidak tergantung sudah berapa kali ia menjabat eselon II B, biarkan tim Pansel yang bekerja,”ujarnya.

Terpisah, Walikota Palembang H Harnojoyo mengatakan, dalam melakukan seleksi lelang Sekda Palembang, pihaknya selalu berkoordinasi dengan KASN. “Surat-suratnya lengkap, kami selalu koordinasi dengan pihak KASN,”pungkasnya. (korankito.com/ria)