Jelang PON Jabar, Tim Menembak Sumsel Diasah Mental

IMG-20160809-WA0000

Palembang – Tim Menembak Sumsel untuk Pekan Olahraga Nasional XIX di Jawa Barat, September 2016 terus mematangkan persiapan jelang PON Jabar yang akan dihelat bulan depan. Tidak ada waktu lagi untuk melakukan kompetisi di luar Sumsel. Tim Menembak Sumsel fokus melakukan latihan di Palembang, sembari mengasah mental agar bisa mencapai target dua medali emas di PON Jabar mendatang.

Pelatih Tim Menembak Sumsel, Saptono mengatakan, pasca mengikuti kejurnas antarpengurus provinsi di Lapangan Tembak KONI Jabar, Cisangkan, Cimahi, 27 Mei hingga 2 Juni 2016 lalu. Tim Menembak Sumsel tidak memiliki agenda lain jelang PON Jabar, hanya terus memantapkan latihan di Venue Menembak Jakabaring. “Kami continue melakukan latihan di Palembang saja,” kata Saptono.

Berdasarkan hasil kejurnas antar pengurus provinsi di Cimahi Mei lalu, tim Menembak Sumsel berhasil meraih tiga medali emas, tiga perak, dan satu perunggu. Sehingga target dari Pengprov Menembak Sumsel, yang berharap di PON Jabar meraih dua medali emas optimis tercapai.

“Mudah-mudahan target bisa tercapai, doakan saja. Tapi untuk nomor apa saja lebih baik tidak kami disebutkan,” kata Saptono.

Namun peluang untuk menambah medali emas kemungkinan bisa saja terjadi, karena kunci kemenangan seorang atlet menembak adalah pada mental atlet menembak itu sendiri. Mental inilah yang tengah digodok tim pelatih Menembak Sumsel saat ini.

“Peluang mendapat medali emas itu tergantung mental atletnya, kami sedang melatih mental mereka di Palembang saat ini,” ungkapnya.

Secara teknis, tim pelatih menembak Sumsel melatih mental para atletnya dengan melakukan kompetisi internal antara gabungan atlet senior dan atlet junior, hingga seperti kompetisi sungguhan yang berakhir pada final. “Kami mau membiasakan mereka tampil di final. Kalau sudah terbiasa bertanding, mental mereka akan terasah nantinya di PON Jabar,” kata Saptono.

Terakhir ia menambahkan, tim menembak Sumsel akan membawa 13 atlet ke PON Jabar untuk mengikuti enam nomor.

Seperti diketahui, Tim Menembak Sumsel pada kejurnas antarpengurus provinsi di Lapangan Tembak KONI Jabar, Cisangkan, Cimahi, 27 Mei hingga 2 Juni 2016, Sumsel berhasil meraih tiga medali emas, tiga perak, dan satu perunggu. Medali emas disumbangkan nomor air rifle
match women team senior dengan komposisi atlet Rachma Inda Saputri, Ayu Estri Handayani, dan Fidella Puspa Dewi.

Medali emas kedua dan ketiga melalui nomor sport rifle prone women Individu atas nama Maharani Ardy, nomor sport rifle prone women team dengan skuat Maharani Ardy, Rachma Saraswati serta Ayu Estri Handayani. Tiga medali perak melalui nomor air rifle match women individu senior atas nama Rachma Inda Saputri, nomor free rifle prone men individu melalui A. Sudarmawan dan free rifle 3 posisi men team dengan personel R. Wisnuaji, A. Anindito, dan Hasto Mulyo. Satu-satunya perunggu melalui nomor free rifle prone men team dengan anggota R. Wisnuaji, A. Sudarmawan, dan A. Anindito.

Hasil positif di Kejurnas Cimahi ini, menjadi motivasi tim Menembak Sumsel untuk meraih medali emas di PON Jabar mendatang. “Kami optimistis bisa mencapai target yang ditetapkan KONI di PON Jabar mendatang,” kata Sekretaris Pengurus Provinsi Perbakin Sumatera Selatan Sigit Wibowo. (korankito.com/resha)