Berkas Lengkap, Ofi Segera Diadili

IMG_8988Palembang-Dengan menggunakan mobil Innova BG 1072 IB, mantan Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) Ahmad Wazir Nofiandi alaias Ofi, terdakwa kasus penyalahgunaan narkoba, tiba di kantor Kejaksaan Negeri Palembang, Selasa (9/8) sekitar pukul 16.00.

Ofi tiba bersama dua tersangka lainnya yakni Faizal Roche alias Ichan serta Murdani bakal segera menjalani proses persidangan. Ofi mengenakan baju merah dan celana panjang krem bersama temannya masuk ke dalam kantor Kejari Palembang dengan pengawalan ketat petugas kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat.

Tak banyak perkataan yang diucapkan oleh pria berusia 28 tahun ini. Ia hanya menyatakan siap menjalani proses hukum. “Kalau memang ada proses hukum nantinya, saya akan jalani. Itu saja dulu ya,” jawabnya.
Ketiga tersangka sempat menjalani pemeriksaan di ruang pidana umum (Pidum) Kejari Palembang selama kurang lebih satu jam. Selanjutnya, dengan mobil yang sama, Ofi, Ichan, dan Murdani dibawa ke Rumah Sakit Ernaldi Bahar untuk melanjutkan proses rehabilitasi.

Kordinator Jampidum Kejaksaan Agung Jaja Subagja mengatakan, setelah berkas Ofi dan kawan-kawan dinyatakan P 21, pihaknya penyidik diwajibkan menyerahkan tersangka beserta barang bukti ke Kejari Palembang.

“Tadi sudah diperiksa oleh tim kita, dalam pemeriksaan tadi tidak ada yang dipersulit. Mereka sudah terbuka dan terus terang. Barang bukti yang kita terima, berupa handphone dan rambut,” ucapnya saat ditemui di Kejari Palembang.

Menurutnya Ofi merupakan korban dari penyalahgunaan narkoba, pihaknya akan mengenakan pasal 112 KUHP dan pasal 127 KUHP.  “Karena mereka masih dalam proses rehabilitas, kami dari Kejaksaan atas rekomendasi BNN pusat, akan membawa dia ke Rumah Sakit (RS) untuk melanjutkan rehabnya,” tambah Jaja.

Aspidum Kejati Sumsel Yusron menambahkan pihaknya akan membawa Ofi ke Rumah Sakit jiwa (RSJ) Ernaldi Bahar. “Tadi sudah diserahkan tahap II, karena ada rekomendasi dari BNN pada tahap penyidikan, mereka ini tidak ditahan, direhab. Jadi, kita lanjutkan rehabilitasi di Ernaldi Bahar,” katanya.korankito.com/deny