Pengantin Baru Wajib Tanam Pohon

Calon-Catin-Harus-Menanam-Pohon_1470462870284Palembang-Calon pengantin yang berdomisili di Kecamatan Gandus, yang akan menikah di tahun 2017, diwajibkan mendukung penghijauan. Sesuai kesepakan antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Kementrian Agama Republik Indonesia akan menghidupkan kembali program penanaman pohon oleh pengantin baru.

Bentuk partisipasi yang diwajibkan yakni setiap pasangan pengantin diharuskan menanam pohon yang bertujuan untuk penghijauan di daerah setempat

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Gandus, Drs H Zaidik Hasan, MSi, mengatakan, launching kerja sama untuk penghijauan ini akan dilangsungkan 10 Agustusi di Bumi Perkemahan, Kelurahan Pulo Kerto, Kecamatan Gandus.

“ Setiap KUA yang berada di Kota Palembang ini pada waktu pelaksanaan launching harus membawa dua pasang calon pengantin yang akan menanam pohon di Bumi Perkemahan Kecamatan Gandus,” katanya.

Menurutnya, penanaman pohon oleh pasangan yang akan menikah, pada tahun-tahun yang lalu pernah dilakukan.

Namun, entah kenapa penanaman tersebut terhenti. Dengan terhentinya penanaman pohon tersebut, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutahan dengan Kementerian Agama Republik Indonesia akan menghidupkan kembali penanaman pohon.

“Jadi untuk tahun-tahun yang akan datang setiap pasangan yang akan menikah, sebelum melaksanakan pernikahan terlebih dahulu diwajibkan menanam pohon. Setelah pelaksanaan penanaman pohon, barulah calon pengantin dapat menikah. Penanaman pohon pohon di musim kering sekarang ini sangat penting sekali karena lingkungan kita akan menjadi hijau dan juga dapat terhindar dari terik matahari,” katanya.

Ridha, penyuluh KUA Gandus, menambahkan, kebersihan dan keasrian lingkungan penting. Di gandus sendiri lingkungan selalu dibersihkan setiap hari Jumat, karena banyak daun yang kering serta ranting-ranting banyak yang berguguran, maka dilakukan pembersihan.

“Kalau lingkungan tempat kita kerja ini bersih, kita juga bekerja menjadi enak dan nyaman. Terhindar dari nyamuk dan jenis hewan yang lainynya. Kita juga wajib membersihkan tempat tinggal kita, tempat bekerja, karena kebersihan itu sebagian daripada iman,” ujarnya.korankito.com/ria