Ditanya Menkes, Bocah Obesitas Bercita-cita Jadi Polisi

Tinjau - Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek, SpM (K) saat meninjau pasien Rizki Rahmad Ramadan, bocah 11 tahun yang menderita obesitas di Rumash Sakit Moehammad Hoesin (RSMH) Palembang, Jumat (5/8).

Tinjau – Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek, SpM (K) saat meninjau pasien Rizki Rahmad Ramadan, bocah 11 tahun yang menderita obesitas di Rumash Sakit Moehammad Hoesin (RSMH) Palembang, Jumat (5/8).

Palembang – Dalam kunjungannya ke Palembang, Sumatera Selatan, Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nila F Moeloek, pertama kali menyambangi Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang, Jumat (5/8) sekitar pukul 07.30.

Setelah bertemu dan menggelar rapat tertutup dengan jajaran Direksi RSMH Palembang, Menkes langsung menemui bocah obesitas Rizki Rahmat Ramadhon (10), siswa SDN 43 Palembang yang dirawat di Ruang Kemuning, Lantai 3, RSMH Palembang.

Saat ditanyakan tentang cita-citanya oleh Menkes, tanpa sungkan Rizki langsung menjawab kalau dirinya ingin menjadi polisi. “Wah.. kalau ingin jadi polisi, badannya tidak boleh gemuk seperti ini. Harus kurus dan sehat serta banyak olahraga,” ujar Menkes RI kepada Rizki.

Usai dikunjungi Menkes, Rizki dan keluarganya langsung melambaikan tangan perpisahan.  Rizki juga sangat antusias melihat foto kebersamaannya yang terekam di telepon genggam orangtuanya.

“Tadi senang dikunjungi bu Nila, Menkes RI. Saya ingin juga cepat keluar dari rumah sakit ini, bosan lama-lama di rumah sakit. Saya mau sekolah dan mewujudkan cita-cita jadi polisi,” ujar Rizki.

Sementara itu, Edi (44), ayah Rizki mengatakan, kasus obesitas Rizki ini bisa menjadi pelajaran bagi para orangtua di Indonesia, terutama untuk mengontrol pola makan anak yang baru tumbuh kembang.

“Kalau dulu, saya tidak tahu efek obesitas seperti ini. Yang saya tahu hanya gemuk saja. Tapi setelah tahu obesitas berbahaya, saya lebih mengontrol pola makan anak saya. Ini bisa jadi pelajaran juga untuk orangtua di Indonesia. Rizki ingin segera pulang, tapi kondisinya belum stabil, kemungkinan minggu depan bisa keluar,” ujarnya.korankito.com/dede