Puskesmas Dempo Diajukan Sebagai Penerima ISO Haji 

download

Palembang – Puskesmas Dempo terpillih dari lima Puskesmas rujukan layanan haji yang bakal diajukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang untuk menerima sertifikat ISO 9001:2008 khusus layanan kesehatan haji. Diajukannya salah satu dari lima Puskesmas tersebut guna membuktikan bahwa pelayanan publik kesehatan di puskesmas tersebut sudah memiliki standar mutu pelayanan yang baik.

Kepala Dinkes Kota Palembang Anton Suwindro mengatakan, penunjukan Puskesmas Dempo dari lima puskesmas layanan kesehatan haji di Palembang untuk menerima ISO tersebut karena komponen fasilitas puskesmas hingga SDM-nya sudah sangat baik dalam pelayanan haji selama ini.

“Jika disetujui, Puskesmas Dempo akan menjadi yang pertama sebagai puskesmas pemberi layanan haji berstandar internasional,”ungkap Anton di ruang kerjanya, Rabu (3/8).

Anton menjelaskan meski baru satu puskesmas yang diajukan untuk ISO Haji, sudah ada 11 puskesmas di Palembang yang sudah mengantongi ISO 9001:2008 secara umum. Diantaranya Puskesmas Merdeka, Puskesmas Dempo sendiri, Puskesmas Sekip, Puskesmas Sematang Borang, Puskesmas Plaju, dan Puskesmas Sukarame. “Puskesmas yang lain masih akan dipersiapkan untuk penilaian akreditasi puskesmas,”terang dia.

Untuk akreditasi puskesmas sendiri, sambungnya, tim pusat yang akan menilai dari sisi standarisasi administrasi, pelayanan, usaha kesehatan masyarakat, dan lainnya. Standar minimal yang dimaksud seperti jumlah tim medis dan dokter mencukupi dan alat kesehatan yang menunjang. “Dimungkinkan pada September mendatang penilaian akan dilakukan oleh tim pusat,”ujar Anton.

Dia menambahkan, pentingnya kepercayaan dari masyarakat akan layanan puskesmas yang berstandar mutu. Di Palembang sendiri saat ini jumlah puskesmas yang ada  tercatat ada 40 unit dan 70 puskesmas pembantu (pustu).

Sementara puskesmas rawat inap sudah ada di beberapa puskesmas, diantaranya Puskesmas Pembina, Sungai Selincah, dan Basuki Rahmat.Karena itu sudah saatnya pelayanan kesehatan seperti puskesmas berstandar mutu. Dengan begitu, bisa memberikan jaminan layanan yang nyaman bagi masyarakat.  “Dengan tampil berstandar, masyarakat akan yakin pada pelayanan kesehatan di puskesmas,”tukasnya (korankito.com/ria)