Polresta Palembang Gelar Razia Perbatasan, Hasilnya Nihil

Jpeg

Palembang – Sedikitnya, 70 personil kepolisian dari Polresta Palembang dan Polsekta Kertapati, menggelar razia rutin di kawasan Jalan Sriwijaya Raya. KM 14, tepatnya didepan Terminal Karya Jaya, Kelurahan Karya Jaya, Kecamatan Kertapati Palembang, Sabtu (30/7) malam.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat, bahkan truk batubara pun yang melintas di kawasan tersebut, satu persatu dihentikan dan dilakukan pemeriksaan oleh petugas kepolisian.

Bahkan adapula, sebuah mobil pribadi yang melihat adanya razia tersebut, nekat menerobos hadangan petugas yang mencoba menghentikan. Petugas, pun tak mampu menghalau laju kendaraan dengan kecepatan tinggi tersebut. Namun, razia kali ini tidak didapatkan masyarakat yang membawa barang-barang terlarang, baik narkoba maupun senjata tajam. Hanya saja, ada beberapa pengemudi yang kendaraannya tidak memiliki surat menyurat langsung dikenakan sanksi tilang.

Kabag Ops Polresta Palembang, Kompol Andi Kumara mengatakan jika razia ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pihak kepolisian di wilayah hukum Polresta Palembang. Setidaknya, seluruh Polsekta di Kota Palembang menggelar razia secara serentak setiap malam minggunya.

“Razia ini kita lakukan, guna antisipasi langkah produktif untuk menindak pelaku kriminalitas di daerah perbatasan, sasarannya 3 C (curas, curat, dan curanmor) mauoun narkoba dan senjata tajam dan tindak kriminal lainnya,” ucap Kompol Andi saat ditemui di lokasi razia.

Andi mengatakan, untuk hasil sendiri tidak ditemukan warga yang kedapatan membawa barang terlarang. Hanya saja, pihaknya menilang 2 Surat Izin Mengemudi (SIM) dan 8 Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) yang pengemudinya melanggar lalu lintas. “Kita tidak mendapatkan warga yang membawa narkoba, senjata tajam atau lainnya. Namun, ada 10 pengemudi yang kita kenakan sanksi tilang karena melanggar aturan lalulintas. Razia kali ini diikuti 56 personil dari Polresta Palembang ditambah 14 personol Polsekta Kertapati, jadi totalnya ada 79 personil,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Kertapati, AKP Mayestika Hidayat mengatakan meskipun tidak bersama Polresta Palembang, pihaknya tetap menggelar razia secara rutin setiap malam minggunya. “Tapi malam ini, kita gelar bersama Polresta Palembang. Kalau tiap malam Minggu kita gelar razia secara rutin, untuk menekan angka kriminiliras diwilayah hukum Polsekta Kertapati,” pungkasnya.