DKK Janji Perbaiki TPS Plaju

IMG_9827

Palembang – Kepala Dinas Kebersihan Dan Keindahan Kita (DKK) Kota Palembang, Agoeng Noegroho berjanji akan segera melakukan perbaikan pada beberapa Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang mengalami kerusakan. Direncanakan pemugaran TPS yang mengalami kerusakan akan dimulai awal bulan ini. “Awal bulan akan segera kita perbaiki,” katanya, Minggu (31/7).

Agoeng mengakui, jika sejumlah TPS yang ada di Palembang kondisinya sudah rusak. Karena itu dibutuhkan perbaikan agar sampah-sampah yang dibuang masyarakat tidak berserakan sampai keluar jalan saat kondisinya sudah penuh.  “TPS yang rusak itu ada di Plaju dan Talang Buruk juga ada. Kita sudah ada datanya,” ujarnya.

Seperti TPS yang berada di Plaju, dimana TPS berbentuk bak sampah tersebut sudah lama rusak, sehingga banyak sampah-sampah yang berserakan sampai keluar dari bak sampah. Agoeng menjelaskan sebenarnya TPS itu sudah dipasangi plang untuk tidak membuang sampah diatas jam 10.

Tapi plang tersebut di cabut oleh para pemulung yang mencari barang bekas di TPS tersebut. “Itulah tim kami harus bekerja ekstra dibuatnya. Pagi kami ambil nanti siang diambil lagi,” jelasnya.

Lebih lanjut Agoeng mengatakan, pihaknya pun, sebetulnya juga mengeluhkan ulah masyarakat yang terkadang juga tidak mengerti aturan membuang sampah. Belum lagi ditambah kelakuan dari para pemulung sampah yang saat melakukan kegiatan mencari barang bekas di tps tidak tau aturan.

“Terkadang masyarakat yang membuang sampah mereka tidak masuk kedalam bak sampah, belum lagi pemulung yang memisahkan sampah yang bisa dijual lagi dengan yang tidak bisa di jual lagi sembarangan saja,” jelasnya.

Minimnya tenaga personil yang dimiliki tim nya tambah Agoeng menyebabkan pengambilan sampah kadang harus berulang-ulang. Ditambah lagi dengan sampah-sampah yang berserekan keluar dari TPS/bak sampah menambah panjang jam kerja pengangkutan sampah. (korankito.com/ria)