Bisa Dipercaya

Pemkot Cari Kontraktor Berjiwa Seni

ikan-belida

Palembang – Tugu Belido yang akan menjadi salah satu icon baru wisata kota Palembang akan segera dibangun. Saat ini, progres pembangunannya sudah memasuki tahapan tender. Dijadwalkan, di minggu kedua Agustus mulai dilakukan proses pemasangan tiang pancang (ground breaking) di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB).

Staf Ahli Ekonomi Pembangunan dan Investasi Setda Palembang Sudirman Teguh mengungkapkan, untuk proses ground breaking itu, pihaknya masih menunggu informasi dari PT Bukit Asam (PTBA) selaku pihak yang akan membiayai pembangunan Tugu Belido di BKB. “Ya kita sekarang menunggu dari PTBA, kapan akan melaksanakan seluruhnya. Kalau sudah jelas, segera akan kita agendakan dengan instansi terkait untuk lakukan ground beaking,” ungkapnya.

Berita Sejenis

SMKN 2 Palembang Bidik World Class

Dzhalilov Targetkan Top Skor Bersama SFC

Terduga Teroris ‘Jakfar’ Dikenal Tertutup di…

1 daripada 3.067

Mengenai waktu pembangunan Tugu Belido, Sudirman memperkirakan proses pembangunan tugu yang akan menelan dana Rp 3 milyar itu akan selesai dalam waktu sembilan bulan. Pembangunan tugu Belido yang terbuat dari perunggu itu pun tidak akan mempengaruhi APBD kota Palembang.

“Sekarang ini, cepat atau tidaknya pembangunan itu tergantung dari PTBA. Surat sudah ditandatangi seluruh direksi dan juga gubernur. Dimungkinkan akan selesai pada Mei tahun depan. Pembangunan tidak berdasarkan tahun anggaran karena sudah dianggarkan oleh direksi PTBA, ” kata Sudirman.

Menurut Sudirman, untuk pembangunan Tugu Belido yang akan menjadi icon baru kota Palembang itu, dibutuhkan kontraktor yang benar-benar berpengalaman. Selain memiliki kemampuan dalam membangun konstruksi tapi juga memiliki jiwa seni sehingga Tugu Belido yang dibangun memiliki nilai seni.

“Kita perlu kontraktor yang punya nilai seni, jadi bukan kontraktor yang hanya bisa membangun konstruksi saja. Sekarang sudah ada satu perusahaan yang lengkap, tapi belum tahu dari perusahaan mana,” ujarnya.

Dipilihnya icon belido dan BKB sebagai lokasi pembangunan tugu Belido, dijelaskan Sudirman dikarenakan ikan belido yang merupakan ikan asli sungai Musi yang hampir punah. Dengan adanya tugu Belido di tengah kota itu maka masyarakat dapat tahu bahwa ada satu jenis ikan yang perlu dilestarikan. “BKB itu aset wisata dan ikan belido ikan asli sungai Musi yang hampir punah karena ilegal fishing,” jelas Sudirman. (korankito.com/ria)