Bisa Dipercaya

Ribang Kemambang, Model Taman Kota Lahat

Taman Ribang Kemambang Lahat (4)Kicau burung, suara serangga hutan serta celoteh sejumlah binatang yang menghuni areal seluas 9 hektare (ha) terdengar harmoni menambah nuansa indah taman yang berada di kawasan kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Serelo, pagi akhir pekan lalu. Sejumlah pengunjung tampak menikmati suasana tersebut untuk sekedar melepas penat bercengkaram bersama keluarga.

Tidak salah lagi, Taman Rekreasi Ribang Kemambang (TRRK) sudah sejak lama menjadi salah satu pilihan masyarakat Kota Lahat untuk wisata keluarga selain seabrek objek wisata lain yang berada di Bumi Seganti Setungguan. ‘’Lumayan mas untuk mengajak anak-anak bermain di sini. Tidak perlu jauh-jauh, apalagi tempatnya memiliki fasilitas cukup lengkap untuk anak-anak bermain,’’ ujar Syairul yang datang bersama istri dan tiga anaknya.

Sesuai namanya Ribang berarti senang dan Kemambang adalah beramai-ramai, dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat sesuai dengan konsep yang diamanatkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 1 Tahun 2007 tentang Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan, yakni bagian dari ruang terbuka suatu kawasan perkotaan yang diisi oleh tumbuhan dan tanaman guna mendukung manfaat ekologi, sosial, budaya, ekonomi, dan estetika.

Berita Sejenis
1 daripada 3.082

Bupati Lahat, H Aswari Riva’i mengaku, selain amanat Permendagri tentang perlunya ruang terbuka hijau di kawasan perkotaan, Pemkab Lahat tetap punya komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat termasuk adanya taman rekreasi yang memadai. ‘’Di Lahat ini bertaburan lokasi wisata dan rekreasi yang indah untuk dinikmati warga dengan beragam pilihan, mulai tempat wisata alam, sejarah maupun wisata petualangan semua itu kita tata dengan baik agar baik warga Lahat maupun para tamu terkesan dan terlayani dengan optimal,’’ ujar kak Wari, demikian ia kerap disapa.

Di tempat itu, paparnya, disediakan kolam pemancingan, kebun binatang mini, area rekreasi yang dilengkapi arena bermain untuk anak-anak, serta danau mini. Lokasi wisata itu, tambah Wari, telah pula di perbanyak tanaman buah-buahan sehingga kelak dapat menjadi taman buah. ‘’Ribang Kemambang telah dibentuk untuk dijadikan salah satu ikon Kota Lahat,’’ paparnya.

 

Berbenah

 

Sebagai ikon Kota Lahat, rupanya TRRK terus mendapat perhatian. Kali ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) melakukan pembenahan di areal Ribang Kemambang terutama untuk menghadapi perayaan HUT Kabupaten Lahat.

Kepala Disbudpar, Lahat Deswan Irsyad mengungkapkan, akan melakukan perbaikan dan penambahan fasilitas di TRRK.  “Tentunya untuk mempercantik taman dengan memperbaiki fasilitas yang sudah ada. Seperti penyelesaian panggung remaja yang ditargetkan harus selesai bulan Mei nanti,“ ujar Deswan, saat berbincang di Palembang, Sabtu (23/4)

Selain itu tambahnya, akan dibuat juga jogging track sepanjang kurang lebih 2 kilometer yang akan mengitari seputar pinggiran danau. ‘’Diharapkan rampungnya perbaikan dan penambahan fasilitas di Ribang Kemambang itu nantinya akan menjadi kado istimewa HUT Lahat,’’ tegasnya.

Disisi lain, Deswan mengundang investor yang ingin berinvestasi di sektor pariwisata di Kabupaten Lahat. Menurutnya, Pemkab Lahat membuka kesempatan seluas-luasnya bagi kalangan swasta untuk berinvestasi di sektor ini. Apalagi potensi pariwisata begitu banyak di kabupaten ini, mulai dari air terjun, megalit, hingga sumber air panas. “Butuh dana besar, campur tangan swasta sangat dibutuhkan,” kata Deswana.

Walau pemerintah mempunyai peran besar di sektor pariwisata, tapi tetap membuka peluang supaya swasta bisa masuk dan menggarap salah satu sektor andalan Kabupaten Lahat ini.

Apalagi, lanjut Irsyad, potensi wisata yang ada di Lahat sangat bagus. Selain memiliki alam yang indah dan mempesona, juga banyak tersebar cagar budaya peninggalan pra sejarah. “Kita punya banyak air terjun, juga peninggalan zaman pra sejarah juga. Jika semua itu dikelola dengan maksimal, tentu akan menarik minat banyak wisatawan,” ujarnya. (ADV/HMS)