Bisa Dipercaya

NPC OKI Resmi Dibentuk

IMG-20160728-WA0013

Palembang – National Paralympic Commite (NPC) Sumsel akhirnya melantik kepengurusan baru untuk NPC wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI,red). Menurut ketua NPC Sumsel Ryan Yohwari, hal ini dilakukan guna melebarkan sayap di kabupaten/kota di Sumsel.

Menurut Ryan, sebenarnya NPC OKI sudah lama ada. Namun karena lima tahun belakangan vakum, maka tahun ini dihidupkan lagi di sana. Oleh karena itulah ia bersama-sama rekan yang lain kembali mengibarkan bendera NPC di sana. “Perhatiannya cukup tinggi. Anggotanya sekitar 248 orang. Yang aktifnya ada 90-an,” ujarnya ketika diwawancarai.

Ia juga mengatakan bahwa ini adalah salah satu bentuk keseriusan NPC dalam menampung para penyandang diasbilitas agar mau berprestasi di bidang olahraga. “Bagi mereka yang punya keluarga penyandang (maaf,red) cacat, tak usah lagi disembunyikan di rumah. Biarkan ia mencari potensi mereka di bidang olahraga. Kemudian apa yang bisa mereka lakukan. Jangan sampai orang cacat hanya menjadi pengemis, atau bahkan disembunyikan di rumah saja,” tuturnya.

Oleh karena itu, ia berupaya untuk terus mengembangkan NPC di Sumsel ini agar di tiap kabupaten itu ada. Sebab menurutnya penyandang disabilitas sendiri jika didata maka mencapai 10-13 persen total masyarakat Sumsel. “Ini sudah 13 kabupaten yang telah berdiri di Sumsel. Ke depannya akan terus kita masyarakatkan NPC ini,” tukasnya.

NPC kepengurusan kabupaten OKI telah resmi dilantik pada hari Kamis (28/7) kemarin. Terpilih sebagai pengurus Kusnaedi, mantan atlet atletik disabilitas. Turut hadir Asisten III Bupati OKI dan pengurus provinsi NPC Sumsel. (korankito.com/akas)