Mau Bisnis Hape Malah Ditangkap

Gelapkan Uang dan Handphone Wawan diciduk PolisiPalembang-Satuan Reserse Polresta Palembang berhasil mengamankan seorang pemuda yang telah melakukan penggelapan uang dan handphone alias hape milik Z, pengusaha konter hape di Pusat Perbelanjaan Palembang Tradde Center (PTC), Rabu (27/7) pagi.
Pelaku yang ditangkap anggota Satreskrim Polresta Palembang, yakni Wawan (25), warga Perumahan Tanah Mas, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin. Ia kini mendekam di balik jeruji besi Polresta Palembang, lantaran sudah melarikan hape sebanyak 10 unit dan uang tunai sebesar Rp6 juta.

Wawan sendiri mengakui perbuatannya. Ia mengatakan, 10 hape serta uang sebesar Rp6 Juta tersebut hilang di parkiran Lippo Plaza Mall, di kawasan Jalan Gubernur HA Bastari, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I, Palembang. Saat itu dirinya hendak membuka stand di dalam pusat perbelanjaan tersebut.

Lantaran barang yang dibawanya terlalu banyak, Wawan akhirnya mengantarkan barang yang lain dulu ke dalam Lippo. Sedangkan, 10 hape dan uang Rp 6 juta di dalam tas warna hitam ditempatkan di atas motor dengan ditutupi jaket miliknya.

“Konter hape di Lippo itu milik saya sendiri. Kira-kira 15 menit saya di dalam mengantarkan barang pertama, tapi pas keluar tas saya itu sudah hilang. Saya gugup, baru kali ini mengalami seperti ini, makanya saya tidak buat laporan kehilangan di kantor polisi,” ujarnya.

Pria  bujangan ini bermaksud mengganti barang yang hilang tersebut senilai Rp18 juta. Namun, belum sempat mendapatkan uang pengganti, ia sudah dihubungi oleh Z untuk dimintai keterangan terkait kehilangan barang tersebut. “Namun belum sempat menggantinya, saya sudah diamankan terlebih dahulu,” ujarnya.

Kasat Reskrim Polresta Palembang Kompol Maruly Pardede mengatakan, pihaknya mengamankan pelaku setelah mendapat laporan korban  penggelapan sehingga mengalami kerugian puluhan juta rupiah.”Tersangka bisa dijerat dengan pasal 372 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara,” katanya. korankito/deny