Bisa Dipercaya

17 Agustus, Disbudpar Palembang Gelar Lomba Bidar

DSC_0608

Palembang – Memperingati HUT Proklamasi RI yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kembali akan menggelar Parade motor hias dan lomba bidar. Gelaran Parade Motor Hias dan Lomba Bidar akan digelar di Benteng Kuto Besak (BKB), 17 Agustus mendatang.

Kepala Disbudpar Palembang Ahmad Zazuli menjelaskan, pihaknya berupaya akan menjaring peserta lebih banyak lagi. Disampingnya dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan pemkot, pihak swasta yang bergerak di bidang pariwisata juga dihimbau untuk ikut berpartisipasi.

Berita Sejenis
1 daripada 3.096

Untuk menjaring kuantitas peserta yang lebih banyak lagi, pihaknya membuka peluang calon peserta untuk berhubungan langsung dengan pengrajin perahu hias. Agar terwujud para peserta bisa berdialog langsung dengan para pengrajin perahu hias tersebut.

“Sosialisasi biasanya hanya kami lakukan melalui surat edaran saja karena peserta yang tidak terlalu banyak.  Tapi sekarang kami undang calon peserta mulai dari SKPD, BUMN/BUMD, hingga swasta seperti hotel, restoran, dan travel agent untuk berdialog langsung dengan pengrajinnya,” ungkap Zazuli

Itu artinya, jelas Zazuli, penyelenggaraan lomba bidar dan perahu hias tahun ini murni digelar pihaknya tanpa melalui pihak ketiga. Tahun lalu, pihak ketiga yang mempertemukan peserta dengan pengrajin perahu hias, yang artinya negosiasi harga harus terbagi tiga.

“Dengan pola tanpa pihak ketiga seperti ini kami yakinkan kepada calon peserta bahwa biaya lomba jadi lebih murah. Hal ini tentu akan menarik minat lembaga lainnya untuk turut berpartisipasi,” terang dia.

Adapun rute berlayarnya perahu, dimulai dari 35 Ilir menuju panggung utama di BKB. Terkait lokasi ini, Zazuli mengatakan tidak akan mengganggu pembangunan dan revitalisasi pelataran BKB. “Event di luar pemerintahan yang dibatasi oleh pembangunan. Kalau kegiatan yang berkaitan dengan pariwisata seperti ini tentu tidak masalah,”ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Manajer Hotel Imara Palembang Reza Bram Adiguna mengatakan, pihaknya siap menjadi peserta lomba seperti tahun-tahun lalu. Diakuinya, tawaran Disbudpar untuk bertemu langsung dengan pengrajin perahu adalah sesuatu hal yang baru dan fresh. “Jelas kami sambut tawaran seperti ini. Tapi kepastian desain perahunya masih akan dibahas direksi,”ucap dia. (korankito.com/ria)