Amandel Riski Masuki Stadium Tiga

bocah rizki dirawat di icu

Palembang – Setelah beberapa hari menjalankan perawatan di ruang ICU RSMH Palembang, bocah yang mengalami obesitas yakni, Rizki Rahmat Ramadhon (10) berangsur membaik. Namun, kondisi tersebut kemungkinan hanya berangsur sementara. Pasalnya, bocah dengan berat badan 119 kg itu mengalami hipertensi dan amandel stadium T3.

Dokter dari spesialis pernapasan, Dr Fifi Sopiah mengungkapkan, amandel yang diidap Rizki selamaini menyebabkan dirinya sulit bernapas. Jika tidak ditangani, amandelnya akan meningkat ke stadium T4 sehingga menutup penuh pernapasannya.

“Amandelnya sudah berada di T3 lebih, jika di T4 sudah menutup saluran pernafasannya. Untuk kondisi sementara normal. Tapi jika tidak ditangani maka kondisinya akan kembali memburuk seperti kemarin,” ungkap dr Fifi Sopiah, Senin (25/7).

Masih dikatakan Fifi, amandel yang bersarabg di tenggorokan Riski secepatnya perlu dilakukan tindakan. karena berpengaruh pada pernapasannya sehingga menarik nafas panjang tidak sulit.

Hingga akhirnya tim dokter berinisiatif untuk mengganti mesin ventilator dengan  Continus Positive Airway Pressure (CPAP) sehingga bisa membantu pernafasan Riski secara otomatis.

“kita ganti ventilatornya dengan CPAP. Karena CPAP memiliki kecanggihan. Sebab mampu langsung memberi oksigen yang diperlukan ketika pasien susah untuk bernafas,” ujarnya.
Sementara itu, dr Julius Azhar, yang juga tim dokter mengatakan, tidak hanya amandel, Rizki juga hipertensi.

“Dari check terakhir, tekanan darahnya mencapai 170 per 100. Tenanan darah Rizki jauh diatas normal yang hanya dibawah 120 saja. Memang ada hipertensi. Ini sering terjadi pada kasus obesitas,” tutup Fifi. (korankito.com/kardo)