Tiga Bulan, Sekolah Di Palembang Belum Terima BSG

zulinto-1[1]

Palembang –  Selain dana Bantuan Operasional Siswa (BOS), pemerintah juga memberikan bantuan kepada tiap sekolah se-Indonesia dengan nama Bantuan Sekolah Gratis (BSG). Bantuan ini diberikan guna untuk membantu menjalankan kegiatan operasional di sekolah.

Dana BOS dan BSG tidak diperuntukkan untuk membangun infrastruktur sekolah, melainkan untuk operasional sekolah karena untuk pembangunan sekolah sudah dianggarkan melalui APDB masing-masing.

Namun sayangnya, di kota Palembang sendiri belum ada satu sekolah pun yang menerima dana BSG ini sejak tiga bulan yang lalu. Menyikapi hal ini Zulinto angkat bicara, kepada koran kito ia mengaku jika pihaknya terus memantau kemajuan dari pencairan dana BSG tersebut.

“Kita (Disdikpora kota Palembang), telah memantau dan meminta percepatan pencairan dana BSG di sekolah-sekolah,” beber dia di kediamannya di jalan Sukarela, Kamis (21/07).

Kenapa ini bisa terlambat?, lanjutnya, ini tentu saja akan mengakibatkan kebutuhan operasional sekolah semakin mendesak. Sudah tiga bulan dana BSG ini belum cair-cair juga, tapi kita juga tidak memaksa kaena memang belum ada pemberitahuan dari pusat.

Menurutnya, kepala sekolah harus memutar otak untuk dapat memberdayakan apa saja yang ada di sekolah untuk tetap menjalankan operasional sekolah. “Pasti terganggu. Karena operasional sekolah dijalankan bukan hanya dengan dan BOS, tapi juga dengan dana BSG. Namun demikian, diharapkan agar kepala sekolah dapat mengambil kebijakan untuk tetap menjalankan operasional sekolah dengan seadanya sembari menunggu pencairan BSG,” harapnya.

Sejauh ini belum terdengar kapan persisnya pencairan tersebut. Zulinto menambahkan jika memang sudah cair, maka pihaknya tidak akan menghambat pencairan BSG tersebut. (korankito.com/ejak)