Bisa Dipercaya

Tahanan Gaduh Minta Makan

IMG_20160720_173553

Palembang – Peraturan baru Kapolresta Palembang yang melarang makanan masuk kedalam sel tahan Polresta Palembang saat diluar jam besuk, baik berupa titipan dari keluarga maupun dari kantin yang kerap berjualan kepada tahanan, membuat puluhan ratusan tahanan.

Seperti terpantau di lapangan, Rabu (20/7) sekitar pukul 14:00 WIB, sejumlah tahanan berteriak-teriak meminta makan. Bahkan, tahanan juga memukul-mukulkan botol minuman mineral, sehingga kegaduhan tersebut terdengar hingga sejumlah ruangan dan jalan di samping Polresta Palembang.

Berita Sejenis
1 daripada 3.098

Untuk meredam suasana, Kabag Ops Polresta Palembang Andi Kumara, Kasat Intelkam Kompol Budi Santoso, Kasat Narkoba Rocky Marpaung, dan Kasi Propam AKP Ahmad Bakri masuk kedalam ruang tahanan, guna mendengarkan keluahan para tahanan tersebut.

Kasat Sabhara Polresta Palembang, Kompol Rahmat Pakpahan langsung menerjunkan belasan personil patroli Shabara. Tak hanya menenangkan, personil Shabara tersebut sekaligus merazia tahana yang kini dihuni kurang lebih 128 orang itu.

“Suasana sudah kondusif, kalian lihat saja sendiri. Nanti, saya akan laporkan hasil pemeriksaan ke Kapolresta terlebih dahulu,” ucap Kompol Rahmat Pakpahan saat ditemui usai menengkan tahanan.

Sementara, Kabag Ops Polresta Palembang, Kompol Andi Kumara mengatakan keluarnya peraturan Kapolresta yang melarang makanan masuk diluar jam besuk, lantaran saat merazia tahanan beberapa waktu lalu, ditemukan telepon genggam yang masuk kedalam sel.

“Kita kemarin mengadakan razia di dalam sel, beberapa sel didapatkan handpone, itu terjadi secara terus menerus setiap harinya. Oleh karena itulah, makanan dari kantin kita selektif,” ujarnya saat dimintai konfirmasi.

Untuk diketahui, jadwal besuk tahanan Polresta Palembang hanya diberlakukan selama dua hari dalam seminggu. Yakni, setiap hari Selasa dimulai pukul 10:00 WIB hingga 14:00 WIB. Sedangkan, satunya dihari Jum’at pada pukul 14:00 WIB sampai 17:00 WIB. Jam besuk juga berlaku dihari kebesaran agamanl, pada pukul 10:00 WIB hingga 14:00 WIB.  (korankito.com/denny)