Bisa Dipercaya

SMK 5 Gelar Penyuluhan Narkoba Kepada Siswa

IMG_20160720_115013_AO_HDR

Palembang – Pengenalan narkoba harus dilakukan sejak dini. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Palembang memberikan pengarahan kepada siswa baru yang mengikuti kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (PLS).

Zulfikri kepala SMKN 5 mengatakan jika kegiatan ini adalah bagian dari agenda PLS dari kementerian. Pengenalan sejak dini itu sangat penting, karena masa-masa sekolah inilah para siswa sedang mencari jati diri dan mudah dipengaruhi. “Narkoba itu sangat berbahaya,” katanya.

Berita Sejenis
1 daripada 3.076

Zulfikri mengungkapkan tujuan utama dari kegiatan pemaparan mengenai narkoba ini ialah untuk mencegah sedini mungkin generasi muda menjadi pecandu narkoba. Mengingat pecandu narkoba cenderung lebih tinggi tingkat melakukan tindakan kriminalitas.

“Tujuannya sudah jelas, untuk mengenalkan siswa tentang narkoba dan bahayanya. Jadi siswa dapat lebih mengenal narkoba bukan sebagai pecandunya, hanya sebatas mengetahui untuk menjauhinya.,” beber dia diruang kerjanya, Rabu (20/07).

Lanjutnya, sudah sejak dulu sekali pengedar narkoba mencoba meracuni generasi muda. Polanya pun semakin beragam dan canggih.

Zulfikri menuturkan jika pengawasan pergaulan anak didik bukan hanya tanggung jawab guru di sekolah, akan tetapi merupakan tanggung jawab orangtua mereka di rumah. Pemerintah juga sudah berkomitmen mendukung pemberantasan narkoba.

“Orangtua jangan hanya membebankan pemberantasan narkoba kepada pemerintah. Pencegahan itu yang utama. Jadi orangtua juga harus gencar memberikan pengawasan dan pengarahan mengenai bahaya narkoba,” tegasnya.

Selain itu, kepada koran kito Zulfikri mengaku jika terdapat 560 siswa baru yang mengikuti kegiatan ini. Harapannya kedepannya nanti akan lahir generasi muda yang bebas narkoba.

“Ini adalah kali pertamanya kegiatan ini dilangsungkan, harapannya setiap tahun diadakan guna membekali siswa pengetahuan mengenai narkoba,” pungkasnya. (korankito.com/eja)